Klinik Gigi Khusus Anak di Bandung

Saat pertama anak tumbuh gigi rasanya seneng banget deh, berasa anak makin besar. Tapi, saat tahu kalau merawat gigi anak itu gampang-gampang susah baru deh sebagai orang tua kadang gemes banget kalau si balita mogok sikat gigi, hobi ngenyot dot sebelum tidur, suka ngemil coklat/permen? Duh, karies gigi biasanya jadi masalah buat gigi anak.

Nah, Alhamdulillah anak-anak sih termasuk gampang sikat gigi, gak pakai dot, tapi si Azagirl suka banget makan manis. Alzamboy si anak yang gak suka makanan manis punya gigi yang keren, sehat dan gak ada karies. Sementara itu, Azagirl yang suka ngemil makanan manis punya karies gigi di gigi seri dan sudah jadi lubang di gigi geraham.

Padahal, mereka termasuk rajin sikat gigi *kecuali kalau emaknya lagi tepar abis dan kelupaan nyikatin gigi mereka. Kalau kuperhatiin memang jenis makanan yang mereka konsumsi sangat memengaruhi kondisi asam di mulut, sehingga Azagirl yang suka makan manis lebih disukai oleh bakteri gigi-mulut tumbuh berkembang.

Penting gak sih merawat gigi balita? Penting tentu saja, karena gigi adalah investasi kesehatan masa depan mereka. Sering dengar kan, tes kesehatan gigi bahkan jadi syarat untuk profesi tertentu. Untuk itulah, sejak dini kita harus perhatikan kesehatan gigi mereka. Kan mereka masih gigi susu? Justru itulah, kesehatan gigi susu memengaruhi kesehatan gigi dewasa. Lagian, jangan sampai mereka merasakan sakit gigi yang katanya sakitnya kayak sakit hati? *eh. Sakit gigi bisa kemana-mana lho, bisa jadi sakit kepala, anak susah makan, anak rewel, mengganggu proses belajar, dsb.
Hal terpenting yang kulakukan adalah mencari klinik gigi ramah anak di Bandung. Alhamdulillah banyak pilihannya. Kali ini aku mau review D’gigiku Kids Dental Care letaknya di daeraj Dago, Bandung. Kenapa kami ke sini? Soalnya ini salah satu klinik gigi yang ramah anak dan buka saat wiken! 

Anak-anak asyik main di ruang tunggu

Pas pertama masuk, anak-anak antusias lihat banyak mainan anak. Juga ada halaman di belakang rumah yang bisa buat anak lari-lari. Oiya, tempatnya homy banget, nuansa rumah gitu bukan kayak gedung/kantor jadi anak-anak nyaman. Dokternya baik-baik, murah senyum dan kocak, ramah anak. Ruangan periksanya juga ramah anak, ada TV dengan tontonan kartun, dan suasana ruangan yang anak-anak banget deh (wallpaper, pernak-pernik, boneka, dsb).

Azagirl lagi ditambal giginya

Oiya, usahakan datang pagi biar jadi pasien pertama, biar gak antri. Kami antri sekitar 1 jam. Rata-rata setiap pasien membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk diperiksa. Tapi santai, di sekitar klinik banyak tempat yang oke buat belanja eh cuci mata. Ada Lavie Baby Shop yang kudu jalan sih tapi gak jauh-jauh amat, ada penjaja barang-barang di pinggir jalan harga lebih murah daripada di toko dsb. Juga ada beberapa tempat makan yang enak-enak. Salah satunya: gado-gado Teuku Angkasa. Atau kalau mau kuliner Jalan Imam Bonjol (daerah Lavie Babyshop) bisa jalan dikit. Hehe, jadi berhubung sudah masuk jam makan siang aku anak anak-anak makan dulu (mereka makan pecel lele dan sop iga di samping gado-gado Teuku Angkasa).

Alhamdulillah, setelah perut mereka keisi , mood mereka OKE! Dan pas habis makan pas ditelpon klinik untuk masuk ke ruangan periksa (setelah bosen antri lama). 

Azagirl baik banget, dengan senang hati ngikutin intruksi dokter gigi. Alhamdulillah, dua lubang di gerahamnya lancar ditambal gak pakai drama. Bisa pilih warna tambalan lho, dan tambalannya permanen, gak kayak zaman dulu yang setelah di-bor ditambal sementara. Dokternya ramah banget, ngajak nyanyi, ngobrol, jadi Azagirl ikut senang. Fyi, Aza saat ini usia 3 tahun 2 bulan.

Nah, berhubung lihat adiknya diperiksa gigi dan ditambal warna-warni, Alzamboy pengen juga. Alzam, saat ini usia 4 tahun 11 bulan. Alhamdulillah, gigi Alzam sehat jadi cuma diperiksa saja. Hehe lucu deh lihat anak-anak antusias di dokter gigi.
Setelah selesai periksa dan tindakan, kami ke cashier. Oiya, kami memilih periksa dengan dokter gigi umum, biayanya Rp 100.000,- kalau mau dokter gigi spesialis anak juga ada. Biaya administrasi Rp 15.000,- biaya tindakan tambal per 1 lubang Rp 300.000,-. Harga per Juli 2017 yah.

Terasanya sih cukup mahal dibanding ke puskesmas apalagi , cuma saat melihat anak-anak dengan senang hati diperiksa gigi dan gak ada trauma dengan dokter gigi memang pengalaman berharga 🙂 

Apalagi, berhadapan dengan dokter gigi adalah suatu keniscayaan bagi anak-anak selama tumbuh kembang mereka, minimal cabut gigi saat tanggal.

Pengalaman pertama ke dokter gigi anak yang menyenangkan

Setelah bayar anak-anak dapat hadiah. Ini yang bikin mereka tambah seneng!

Buat Bapak-Ibu domisili Bandung, bisa coba deh ke D’gigiku Kids Dental Care, alamatnya di Jalan Teuku Angkasa No. 31, daerah Dago. Bisa googling deh, coba aja baca review di gmap, bintang 5 deh! Eh gak cuman anak, bisa melayani gigi dewasa juga lho. *bukan endorse, cuma berbagi informasi. Semoga manfaat ya 🙂

Advertisements

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s