Cara Mengirim Uang Ke Luar Negeri

Buat kamu yang bingung karena baru pertama kali transfer uang ke Luar Negeri atau buat kamu yang bimbang pakai jasa mana yang paling murah biayanya.
Nah, ini sudah kali ke-3 aku transfer ke LN dari Indonesia dan efektif, cepat (cuma itungan belasan jam nyampe!), murah banget fee-nya, kurs juga bagus.
Awalnya juga aku awam banget, mau pakai jasa yang mana. Googling sana sini, nelpon Western Union dan Moneygram. Ternyata kebanyakan jasa keuangan pakai tarif fee progresif yang artinya makin besar nominal yang ditransfer makin gede biayanya. Duh, mana ribet bla bla bla.
Paing praktis sebenarnya transfer antar bank ke bank, tapi banyak info kalau kurs bank jelek. Bingung kan? Eh ternyata emang pengalaman adalah informasi terbaik.
Akhirnya, aku pakai jasa transfer dari Bank Mandiri inipun karena dapat info dari teman karena tarif-nya flat mau berapapun nominalnya. Tarifnya saat Juli 2017 cuma Rp 35.000 untuk sekali transfer berapapun nominalnya. Kecuali kalau mau full ammount payment (uang yang diterima penerima penuh , biaya dibebankan di pengirim) nama pengirim bayar biaya 25 USD. Tapi, ternyata biasanya biaya yang ditanggung oleh penerima gak sampai 25 USD. Berhubung aku transfer ke LN bukan utk transaksi jual beli tapi buat living cost jadi aku gak bayar full ammount payment.

Dan karena gak full ammount, jadi jumlah yang diterima penerima terpotong oleh biaya administrasi. Pemotongannya beda-beda mungkin terkait juga dengan kurs, terakhir aku kirim kena potong 15 GBP. Tentu ini lebih murah daripada jika aku memilih membayar 25 USD untuk full ammount.

Nah, gimana caranya transfer via Bank Mandiri? Aku share ini karena berasa dulu pas pertama transfer uang ke LN susah banget dapat informasi akurat. Tanya sana-sini, telpon sana-sini.
Oke, caranya mudah banget. Oiya, kebetulan aku nasabah Bank Mandiri karena terima gaji kantor  lewat Bank Mandiri. Berikut berkas yang harus disiapkan:

1. Buku tabungan

2. KTP asli dan fotokopi

3. Kartu NPWP asli dan fotokopi

4. Invoice. Format invoice bebas. Intinya mencakup data pengirim dan penerima dan ttd pengirim. Data pengirim termasuk NPWP, alamat, nomor telepon. Data penerima harus lengkap mencakup: nomor account Bank, IBAN, sort code, swift code, nomor identitas penerima di LN, nomor telepon, alamat lengkap. Juga berapa jumlah dana yang ditransfer (berupa mata uang yg akan diterima penerima) serta tujuan transfer. Kalau untuk jual beli dijelaskan untuk pembelian barang apa, harganya berapa. Kalau aku sih untuk living cost. 

5. Slip setoran yang sudah diisi. 
Nah, sebelum memulai transfer pastikan kira-kita berapa kurs nilai mata uang yang kita inginkan. Kebetulan aku ngirim ke United Kingdom jadi, aku lihat kisaran harga jual GBP lalu aku kira-kira jumlah mata uang rupiah yang aku perlukan. Perlu dicatat yang kita bubuhkan di invoice dan slip setoran adalah mata uang yang diterima penerima.

6. Surat pernyataan. Biasanya pihak Bank yang menyediakan beserta materainya. 

Dan, lebih baik transaksi pagi hari jadi kalau ada kekurangan bisa dibuat di hari yang sama. Juga jangan lupa tanya costumer service lebih detail, langsung nanya teller juga bisa sih. Eh, dari 3 kali transaksi semuanya nyampai ke tujuan cuma dalam hitungan jam. Padahal Bank Mandirinya bilang kira-kira 3 hari nyampainya. 

Wow! So far, ini cara terbaik kirim uang ke Luar Negeri!

Advertisements

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s