Merasa Berarti…

Ada hal yang tiba-tiba bikin kita semangat seakan ingin melonjak, teriak , terbang atau apapun itulah…

Kadangkala banyak hal yang bisa bikin kita berbunga, riang, antusias dan senyum penuh kegirangan karena merasa hari ini adalah hari yang sangat membahagiakan, hari yang sangat menyenangkan.

Namun sering juga kita merasa tak berarti, tak lebih dari serbuk-serbuk kue di toples yang ada dan tiada tak akan tersentuh dan tak terperhatikan. Eh, padahal masih saja serbuk-serbuk itu ada manfaatnya, paling gak rejeki bagi para semut.

Hari itu, aku pernah begitu bosan hari-hari rasanya sama saja berulang tanpa jeda. Bangun tidur-aneka macam kerempongan dan keributan khas pagi hari-memasak sekaligus memandikan sekaligus sarapan dan menyuapi makan-menyiapkan si sulung sekolah- menyiapkan si adik agar siap ditinggal kantor tanpa banyak polah- sampai kantor lalu tenggelam dalam ritual di depan layar-diseliling konsultasi dan berhadapan dengan macam orang yang kadang bikin nanar-atau mungkin jadi peserta rapat kecil-kecilan-lalu saat waktunya pulang sudah berasa perjuangan karena tak selalu lancar malah sering kebasahan kuyup-kuyup-musim hujan- kadang mampir belanja keperluan atau oleh-oleh buat para bocah yang sudah menunggu gak sabaran- emakmu ini akan pulang sayang- mereka lalu begitu senang dan meminta banyak perhatian-makan malam bersama, bermain, melerai keributan kecil mereka,membacakan buku sampai kadang seperti orang gila nari-nari dan loncat-loncat yang bikin mereka terbahak-bahak. Lalu semua tidur dan terulang lagi  kejadian yang kurang lebih sama dengan hari kemarin.

Semua nyaris sama, rute kantor yang dilalui setiap hari, bahkan kendaraan-kendaraan yang berpapasan saat di perjalanan. Bahkan aku sudah hampir hafal plat kendaraan ini akan lewat rute itu dan itu. Lalu juga orang-orang sama yang kutemui setiap hari, abang pengatur lalu lintas di Pasar Cibiuk yang tiap hari minimal dua kali jumpa saat numpang lewat pergi dan pulang kantor. Lalu….haruskah aku melewatinya begitu saja?

Sadarkah aku, bahwa mereka: orang-orang yang kujumpai setiap harinya adalah amal nyataku. Saksiku nanti saat di hari akhir nanti tentang hidupku di dunia ini. Sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bukan?

Apakah keberadaanku di hari-hariku ini hanya sebatas numpang lewat saja tanpa berbuat sesuatu yang berharga.

Hari ini, ternyata agak berbeda…setelah hampir seharian melayani konsultasi seorang warga negara yang baik. Aku merasa menjadi lebih berarti, aku merasa lebih berharga dan aku terinspirasi. Orang itu, di tengah keterbatasannya dia rela dan ikhlas memenuhi kewajibannya pada negara. Dia begitu ingin belajar dan diajar. Nominal uang yang menurutku tidak kecil namun dengan kerelaan hati menyadari akan kewajibannya dia ikhlas menjalani.

Semoga, mereka para pahlawan pembangun bangsa diberikan kesejahteraan untuk kehidupan dan keluarganya sebagaimana mereka berusaha untuk mensejahterakan bangsa dengan rupiah yang mereka setorkan bagi pembangunan bangsa.

Hari ini aku merasa begitu berarti karena begitu terinspirasi…

Mungkin bagi kita semua yang merasa jemu, jenuh dan bosan akan hari-hari mencari inspirasi bisa jadi pilihan. Mencari inspirasi ga harus melakukan perjalanan, cuti atau break the rules karena bosan. Inspirasi itu tersembunyi di hari-hari, kita bisa menjumpainya  dengan memberi, menyebarkan ilmu, menolong orang dengan tulus, menyapa, tersenyum atau bahkan berbincang hangat bisa menjadikan kita merasa hari-hari lebih berarti.

Sungguhan loh aku ini…bahkan menuliskan semua ini di blog membuatku merasa begitu berarti.

Merasa berarti itu penting lho, bahkan para lansia saat memasuki usia senja dianjurkan sering ngobrol dengan keluarga, tetangga, dan kerabat agar merasa berarti.

Jika merasa berarti, hari-hari begitu terasa penuh makna, ga sekedar rutinitas biasa. Hari-hari akan penuh dengan semangat dan antusias saat pagi datang menghampiri.

Bagi para ibu yang pasti, kamu lebih dari sekedar berarti. Kamu adalah inspirasi bagi para anak-anakmu dan suamimu😀

Jangan sedih, jangan bosan merasa tak berdaya tak berharga karena bahkan kamu gak tahu betapa kamu adalah inspirasi yang terus berpendar menerangi hari-hari mereka….

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s