ASI Booster

Begitu banyak makanan yang dipercaya meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. Bagiku,iyaaa bagiku,ada beberapa makanan yang terasa banget ke produksi ASIku.
Ranking pertama ASI boosterku:

1.Pare alias Paria
Adalah sayuran bercita rasa khas,pahit menggoda,eksotis. Gak semua orang bisa mentolerir rasa pahitnya, bagiku sayur paria dioseng alias ditumis adalah favorit! Apalagi kalo ditumis setengah matang yang dimasak ibuku. Udah jadi favoritku sejak jaman kanak-kanak. Untuk ibu menyusui,tumis paria campur teri bisa jadi makanan kualitas tinggi lho! Soalnya selain ASI booster,kandungan kalsium yang tinggi di teri dibutuhkan banget oleh busui. Jadi,kalo ASI terasa seret,menu paria ini wajib hadir di meja makan.

2. Daun pepaya
Wow,ini juga kesukaan!
Entah kenapa lidahku doyan banget terutama kalo daun pepaya dioseng campur bunga pepaya plus ditambah teri!
Ohhh,keajaiban alam…alhamdulillah ya Allah atas indra pengecap yang Kau anugrahkan ini bisa menikmati masakan eksotis ini sekaligus bisa jadi ASI Booster. Curiga karena kegirangan makan daun pepaya lantas hati senang lantas ASI lancar hahhaha..

3. Kacang goreng
Kesukaan juga.
Awalnya aku ga yakin ini ngefek. Tapi pas awal mula memberikan ASI buat anak pertama belum lancar,sama ibu disuruh ngemil kacang setoples. Apa akibatnya sodara-sodara..bengkak tak terperi! Kesakitan banget karena produksi ASI langsung banyak tapi bayi masih belajar nyusu. Kacang goreng ini jadi penyelamat ASI booster saat aku harus tugas kantor ke luar kota atau bepergian dimana makan sayur kurang tersedia. Jadi,tinggal ngemil kacang aja deh di perjalanan. Ngefek!

4. Pepaya mangkel alias pepaya setengah matang
Awalnya gak begitu ngeh kalau pepaya setengah matang ini yang menyebabkan ASIku jadi tambah banyak. Namun suatu hari di kantor,aku merenung *tsah…
Kenapa ya kok tiba2 produksi ASI perah nambah lebih banyak 50ml daripada biasanya. Lalu ku tersadar..udah dua hari ini aku makan rujak pakai pepaya mangkel!

Dipikir-pikir makanan bercita rasa pahit memang ASI booster banget ya, terutama pepaya tuh..dari daun sampai buahnya sampai bunganya bermanfaat banget buat busui.

Kalo kata ilmu biologi yang pernah saya seriusin dulu,pepaya itu kan ada enzim papain*maaf kalo salah.
Cita rasa pahit darisana,enzim tsb punya sifat melunakkan daging. Makanya sering dipake buat pengempuk daging. Dan dipikir-pikir itu enzim bisa jadi katalisator hormon produksi ASI. Atau mungkin dia bisa melunakkan kelenjar air susu yang kadang suka mengeras alias gak lancar. Jadinya ASInya lancar deh.
Demikian analisa ngawur aku.

Terlepas dari semua itu,makan banyak dan minum banyak cairan serta bahagia adalah bahan bakar ASI terpenting. Dan apapun buah serta apapun sayur itu baik! Iya sih,bayam sepanci juga aku sering makan tapi efeknya ga sedramatis kalo makan keempat makanan tadi di atas (bagiku). Terus kalo daun katuk gimana? Jujur,aku susah menjumpai tuh daun hahahah jadi ga pernah makan selama jadi ibu menyusui.

Semoga kali ini bisa dua tahun nyusuin Aza!
Yey..masih 9 bulan lagi menuju Azs duwa tahun.

Happy breastfeeding mommy-mommy!

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s