Resep Perkedel Tempe

Tempe itu salah satu bahan pangan yang amat direkomendasikan untuk MPASI. Selain murah, kandungan proteinnya mudah dicerna oleh bayi. Tak kalah hebatnya lagi, kandungan zat besinya tinggi. Pas banget untuk MPASI untuk mengejar asupan gizinya dan membooster berat badan. Zat besi merupakan salah satu mikronutrien yang penting dalam pertumbuhan perkembangan bayi.

Saat masa-masa MPASI bubur dan tim. Gampang banget menyajikan pangan tempe dalam menu MPASI bayi. Tinggal dikukus lalu dihaluskan. Saat mulai belajar tekstur kasar,aku mulai menyediakan potongan tempe berupa tempe goreng misalnya. Tapi, ternyata ga semua batita suka. Karena tekstur kedelai pada tempe goreng masih keras. Akhirnya, salah satu triknya adalah, sebelum digoreng tempenya diungkep aka direbus dulu dengan bumbu. Sehingga saat digoreng terciptalah tempe yang lembut, jadi deh cemilan kesukaan Alzam.

Trik yang lain lagi, agar anak bisa mendapatkan gizi tempe adalah dengan membuat perkedel tempe. Ini kesukaan Alzam (juga). Tempe yang sudah dikukus lalu dihaluskan dan digoreng bikin batita mudah menyantapnya dibanding tempe goreng yang masih keras kedelainya.

Kali ini, aku mau berbagi resep tentang perkedel tempe-daging-keju. Resep ini sih untuk anak di atas 1 tahun. Untuk di bawah 1 tahun, bisa disesuaikan dengan non garam dan kalo bisa ga usah digoreng kalopun mau cukup dibaked minim minyak.

Kebetulan, karena Alzam udah 18 bulan, perkedel tempe-daging-keju ini juga ditujukan untuk lauk seisi rumah.
Karena, cukup sering bikin perkedel tempe, aku pake takaran kira-kira seadanya bahan aja.

Bahan-bahan:
Tempe 400 gram
Keju parut cheddar 100 gram
Daging giling 100 gram
Telur ayam 1 butir
Bawang putih 2 siung
Garam secukupnya
Merica secukupnya
Pala bubuk secukupnya
Tepung roti/tepung terigu untuk pelapis

Caranya:
Kukus matang daging giling dan tempe yang telah dipotong kubus kecil (untuk memudahkan menghaluskan).
Haluskan tempe dan daging giling (diulek) lalu dicampur dengan bawang putih yang telah dihaluskan+garam+merica+pala+keju parut.
Uleni dengan tangan sampai adonan rata. Jika adonan kurang kalis bisa ditambahkan tepung sebagai perekat agar tidak hancur saat digoreng.

4 thoughts on “Resep Perkedel Tempe

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s