kehamilan 22 minggu

Kehamilan kedua kali ini, lebih santai, lebih bandel, lebih perkasa *hayah

Yah..beda banget dengan hamil pertama yang muntah selalu sampai pas lahiran pun pake muntah segala.

Kalo yang ini ya, muntah tetep..tapi jarang-jarang. Kecuali pas trimester awal sih bisa dibilang cukup sering.

Nah-nah kalo hamil anak pertama start berat badan dari 50-51 kiloan, kalo anak kedua ini startnya dari 47-48 kiloan.

Tapi, berhubung merasa ga segendud dulu ditambah ga mabok separah dulu,jadi semua apa-apa dimakan.

Baru 22 weeks udah naik 8 kilo aja wOw.

Kondisi kehamilan sekarang banyak bedanya dengan yang dulu.

Flek, trimester awal sempat hampir 2 minggu flek. Terus trimester kedua juga gitu,karena kecapean waktu bibi mudik 5 harian. Ngurus batita 16 bulan dengan keadaan hamil emang capeknya plus-plus.

Sebenarnya kehamilan ke-2 ini lebih beresiko juga sih karena selain flek juga sering mules kontraksi. Kalo udah gitu yah..istirahat sebisanya (pada kenyataannya sih tetep susah istirahat kalo ada batita)

Kalo ngidam? Ya berhubung ga semabok dulu ya ngidamnya paling banter: mangga muda ga ada yang aneh-aneh.

Terus-terus apalagi ya, kalo dari segi stabil emosi ya kurang lebih sama dengan anak pertama. Sama-sama stabil. *jiyeh

Sama-sama berjibaku di front office kantor,dengan kerjaan yang menggila pas tanggal-tanggal tertentu.

Oiya, bisa dibilang lebih puas dari segi batin ya untuk urusan ibadah.

Karena, sejak sulung mulai MPASI, ya kurang lebih sejak hampir 1 tahun yang lalu, aku terbiasa bangun dini hari untuk menyiapkan MPASI sekaligus sholat malam.

Nah, ini yang kususah dapetin pas anak pertama. Karena kalo bangun pagi kala itu, bakal muntah pas sujud saat sholat dini hari, apalagi pas sholat subuh aaaakk. Kayak ayam mematuk makanan, buru-buru sebelum muntah keluar pas sujud.

Alhamdulillah, fisik udah terlatih di kehamilan kedua kali ini. Didukung juga dengan kadar kemabokan yang jauh lebih ringan untuk bangun dini hari.

Terus, yang bikin lebih puas lagi. Kehamilan anak kedua kali ini mulai istiqomah 1 juz per hari, sejak gabung ODOJ sih. Hehe..
Yah, alhamdulillah bisa istiqomah tilawah 1 juz tiap hari. Efeknya banyak banget yang kurasakan.

Tapih, yang tetep bikin galau sama galaunya pas anak pertama adalah:
Mau lahiran dimana?

Sama aja ya bingungnya hihihi..

Apalagi ya,mmm..
Di usia minggu ke -22 ini babynya masih belum mau nunjukin jenis kelaminnya.
Padahal Alzam itu sejak minggu ke-16 udah dipastikan kalo boy.

Bedanya lagi,di kehamilan sekarang letak plasenta rendah. Kalo Alzam, plasentanya pas di atas fundus. Mungkin karena letak rendah juga jadi yang sekarang sering muncul flek. Alhamdulillahnya, letak plasentanya ga nutupin jalan lahir.

Lalu, untuk kehamilan ke-2 ini. Aku kurang gencar minum. Jadinya, air ketuban mepet. Ruang bayinya sempit. Pantesan itulah mengapa gerakannya kayak nyikut-nyubit-nusuk. Karena baby deket banget ke otot perut. Itu juga yang nyebabin otot perut sering tegang , sakit ketarik-tarik.

Jadi aku mulai banyakin minum: air mineral-pocari-air kelapa semuwanya deh.

Lumayan kok, setelah banyakin minum, gerakan baby lebih smooth ga nyikut-nyikut lagi.

Tapi yang pasti sih, baby ke-2 ini geraknya jauh lebih heboh dibanding Alzamboy yang cenderung kalem. Apalagi kalo aku rubah posisi mendadak, misal dari bebaring ke duduk. Eh baby ini langsung kaget, ikutan nyeruduk. Wong pas lagi duduk anteng layanin WP, baby aja sering jedug-jedug ngagetin.
Baby ke-2 ini sering banget ngagetin emaknya.

Berangkat-pulang kantor di kehamilan ke-2 sekarang ini by ojeg hihihi. Kalo hamil anak pertama dulu by angkot+jalan. Soalnya kan, hamil anak ke-2 ini udah pindah rumah dan transportnya susah..kudu jalan kaki 2 kiloan dulu. Dan aku ga berani banyak jalan dulu, karena sering mules.

Tuh, tuh, tuh..ngomongin baby ke-2, dianya jadi nyeruduk-nyeruduk lagi. Heboh bener dweh..

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s