Resep MPASI “Sup Tomat Tuna”

Udah lama ya ga ngepost resep MPASI..

Kalo resep yang ini salah satu yang Alzam suka banget. Sebenarnya dia suka semua masakan yg kubikinin sih.Tapi, untuk yang ini dia suka pake banget.

Kebetulan, hari ini Alzam bangun dari jam 3.30. jadi, nemenin Umminya masak dari pagi deh dia.

Kali ini aku masak, sup tomat-tuna.

Bahan-bahanya:

– 1 buah tomat
– 1 bawang merah & 1 bawang putih
– fillet tuna kurleb 100 gram
– 1 buah wortel
– sayuran hijau: kali ini saya pake caisim organik
– daun bawang + seledri

Caranya:
– Tumis cincangan bawang merah &putih &tomat sampai wangi
sampai, tercipta saus tomat balado

– masukin cincangan tuna tumis sampai wangi, harum deh.

– tuangkan air secukupnya

– lalu cemplungin potongan wortel dan sayuran lainnya

– masak sampai sayuran matang dan empuk

– sebelum matikan kompor, cemplungin bawang daun dan seledri

Resep ini sih, untuk 3 kali makan Alzam.

Pas udah mateng, Alzam dong..langsung bilang ‘mau..mau..mau” Yaampun, subuh-subuh buta udah minta makan, nasi juga belom matang.

“Mau..mau..mau…” terus sambil merajuk mau nangis karena ga dikasih

Yaudah deh.

Dikasih aja deh sup tomat tunanya tanpa nasi.

Baru juga sesuap, udah gasa sabaran minta lagi “Mau…mau..mau..”

Pokoknya “mau..mau..mau..” sampe mulutnya penuh disuapin terus.

kustop, biar dia telan dulu gamau, malah merajuk lagi. “Mau..mau..mau..” Sambil goyangin badan.

Yaudah deh.. suka pake banget namanya ini.

nyuapin dia terus , kayak diteror “Mau…mau..mau”.. Baru selesai nyuapin, mau nyambi sambil ngapa-ngapain ga bisa, dikejar-kejar “Mau..mau..mau..” Eh dia baru lupa pas aku nyambi setrika baju. Karena dia sekalian mainan keranjang baju.

*tips masaknya:

tumisan balado : bawang merah-putih-tomat itu bikin enak wangi tumis sampe bener2 jadi saus , baru masukin tunanya..

nah ini makin wangi..karena ikan gurih ya..

jadi inget aroma masakan china yang pake minyak ikan.

gini doang sih, udah cukup jadi balado tuna.

Kalo mau jadi sup,

Setelah tuna ditumis dengan saus baladonya baru masukin air

lalu rebus sayuran.. Jadi deh sup ..

*masih sempet foto-foto di halaman sekalian belanja sayur keliling.
keliatan banget masih gelap cahayanya subuh-subuh…matahari masih malu-malu..

sup tomat tuna

2 thoughts on “Resep MPASI “Sup Tomat Tuna”

  1. Meilani Magdalena Siregar says:

    yaampyuuunn zaraaa..lagi googling resep mpasi, eh nyasar di mari. pas baca postingan ini, mikir ini emaknya yg nulis pasti emak2 canggih deh.. eh pas scroll ke bawah liat foto penulis, kok kaya kenalll..hahahaaa…
    makin canggih deh kamuuuu…bagi2 resepnya donkss… :))

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s