Resep MPASI “Sup Kaldu Telur”

Biasanya saya stok kaldu ceker ayam di kulkas..karena stok kaldu bisa dipake saat stok makanan gak ada. Menambah cita rasa dan satu lagi, kenapa ceker?

Pertama, banyak kalsiumnya yg terletak di sumsum tulangnya..jadi, saat memasak kaldu ceker-ceker ayam itu digeprek, biar sumsumnya keluar..

Kedua, zat gizinya banyak, selain kalsium, kaya kolagen untuk pembentukan jaringan kulit dan rambut.

Ketiga, gampang didapat di tukang sayur.

Keempat, harganya murah. Jujur aja, aku maju mundur kalo mau beli ayam kampung buat dijadiin stok kaldu.

Kelima, tastenya gurih bikin masakan, terutama sup lebih nendang. Walo pastinya belum bisa ngalahin kaldu ayam kampung . Yaeyalah.

Kok jadi bahas kaldunya.

Baiklah, ini dia resep MPASI sup telur. Resep ini penolong banget kalo ga ada stok makanan.

Karena telur biasanya ada kan ya. Telur daya simpannya lama tak seperti aneka daging-ikan.

Kalo Alzam, sejauh ini masih pake telur kampung sih. Telur ayam broiler di atas setahun boleh2 aja sih. Tapi biasanya aku nyetok telur kampung buat dia.

Oiya, kenapa sih telurnya disup ga ditumis, didadar, diceplok dsb. Yah, ini karena tak lain tak bukan Alzam sukanya makanan berkuah. Tiap hari semua dikuahin.

Gampang banget bikin sup telur kaldu ini. Untuk 3 kali makan Alzam.

Bahan:

– Telur 2 butir (ayam kampung/bebek/ayam broiler) kalo puyuh biasanya 10 butir.

-bawang merah-putih-tomat (andalan)

-kaldu (ceker ayam/sumsum tulang/ayam kampung/daging) aku biasanya pake kaldu ceker ayam

-sayuran pelengkap (yg biasanya ada: wortel dan sayur hijau lainnya)

-bawang daun-seledri

Caranya:

-panaskan minyak, tumis cincangan bawang-tomat

-masukkan kaldu, biasanya kaldu yg kupake kurleb 300 ml

-masukkan potongan wortel, rebus sampai setengah matang

-masukkan telur yang dipecah

-masukkan potongan sayur hijau (kebetulan aku pake baby sawi)

-terakhir masukkan bawang daun-seledri

Pastikan semua matang, dan sayuran telah empuk dimakan anak balita

Udah jadi..

Dan seperti biasa, Alzam subuh-subuh buta udah nyusul ke dapur minta makan ‘mau…mau..mau..’

Gampang sih masakin dia, bumbunya itu2 aja hehe.. Ya yang bikin beda paling kadang teknik masaknya. Ujung-ujungnya pasti dikuahin juga jadi sup atau semur.

4 thoughts on “Resep MPASI “Sup Kaldu Telur”

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s