Puasa Selama Menyusui

Ramadhan kemarin,berasa lebih perjuangan banget untuk shaum, kerasa Badan makin tipis/kurus hahaha..tepar..

Diawali dari pukul 2.30 pagi bangun untuk sholat taraweh ya, taraweh dan tahajud..*alzam jam bobonya pas jam sholat Isya, jadi tak bisa umminya ke Masjid tarawehan.

Terus abis sholat ya masak menu spesial buat bocah bayi..terus bangunin abi, terus sahurr, terus bocah biasanya ikutan bangun pas kita sahurr, jadilah sampe subuh ditemani bocah,terus belanja ke tukang sayur yang lewat jam 5.30, terus siap-siap ngantor..

Begitulah, mengapa pas Ramadhan tepar banget. Karena biasanya bangun dari jam 2.30 atau jam 3.00 (paling telat).Soalnya kalo ga gitu, kapan waktu untuk sholat taraweh Dan tilawahnya..berhubung di kantor itu mejeng manis di loket laporan Pajak.. Kalo Hari-Hari biasa sih emang bangun jam 3.00 atau 4.00 *tapi pake bobo lagi wkwkwk.

Dan apa kabar nasib ASI selama shaum?
Hari-Hari shaum pertama sih ga ngaruh ke ASI, tapi lama-lama kerasa berkurang kurang lebih 50mlan..penghasilan perah jadi 3 botol. *sebelum shaum biasanya 3-4 botol
Dan selama ramadhan, aye emang sengaja merah 3x di kantor biar lebih banyak *padahal sama aja sih..

Berhubung Alzam minumnya 3-4 botol di usia jelang setahun, ya aye nyantai aja sih..stok juga masih aman.Walau pernah membuang 10 literan lebih ASIP beku, perlahan bisa ngumpulin stok juga..

Tapi, yang namanya busui kantoran, shaum, mana ngantornya suka survey ke lapangan , terus bangunnya aye selama ramadhan kan jam 2.30 pagi, jadi apa akibatnya?

Berat Badan melorot minus 5 kilogram dari zaman gadis. Dan, everybody said: skinny, kurus, sakit? Stress?

No no no..ahahaha..

Maksa shaum ya? Udah ga usah shaum, kan menyusui..

Tapi, kalo menengok aktivitas aye selama ramadhan ,aye ngandalin shaum buat ngejar keutamaan ramadhan, soalnya nyaris ga ada waktu untuk ibadah khusus, kecuali ya itu: bangun jam 2.30 untuk sholat, tilawah pun pas habis subuh bareng bocah main sembari nunggu tukang sayur lewat. Kalo di kantor, apalagi, secara aye dipajang di loket laporan..nempel aja sama kursi ga bisa kemana-mana. Dhuha ya habis absen jari, terus habis dhuha buru-buru tilawah, terus buru-buru mompa, terus buru-buru lari ke loket buat jaga.

Waktu istirahat pun juga gitu, habis untuk mompa-sholat,ngos2an..terus biasanya kalo ramadhan, lebih enak kalo buka puasa pake cemilan atau ta’jil..kalo di tukang sayur pagi-pagi aye ga dapet, ya pas istirahat kantor ke swalayan terdekat belanja. Males kalo belinya sore, macet banget Bandung ituh! Pas ramadhan apalagi, sampe matiin mesin motor pas pulang kantor saking ga geraknya di terowongan deket TVRI. Perjalanan pulang jadi 1 jam! Padahal jarak cuma 7 Kilometer..

Nah, berhubung ga ada waktu khusus utk tilawah+sholat *i’tikaf apalagi😦
Jadilah, kupikir..ya shaum!
Cuma shaum yg bisa diusahakan, walo pas awal mau shaum itu ragu-ragu karena berat banget jadi busui itu. Shaum tapi nyusuin, ga ada cairan yang masuk tapi malah ngeluarin banyak cairan asi. Alhamdulillahnya sih, pas ramadhan Alzam pas 11 bulan jelang 12 bulan jadi konsum asinya 300-400ml per siang Hari.
Ga kebayang busui yang bayinya di bawah usia 6 bulan, yang masih 100% full konsum ASI aja. Gimana perjuangan shaumnya.

Hari pertama shaum itu, awalnya niatnya nemenin suami sahurr sahaja ..terus ikutan santap sahurr, terus bilang: aku mau shaum, tapi buat jaga-jaga kalo ga kuat shaum, mau bawa bekal makan siang ke kantor.

Suami: ga usah shaum aja. Mana ada orang niat puasa tapi bawa bekal makan siang.

Me: tapi kan..kalo ga kuat gimana? Jaga-jaga aja (Warung pada tutup) soalnya aku pernah coba shaum sunah, jam 10 itu udah melayang-layang ga kuat shaum pas lagi survey lokasi. Kan busui kan berat buat puasa *eaaa

Suami: ya udah, ga usah puasa. Kalo mau puasa niatnya apa? Mana ada puasa niat 1/2 Hari bawa bekal makan siang. Benerin dulu niatnya..

*beberapa detik termenung, seliweran pikiran: tapi kalo ASIku dikit gimana, kalo memengaruhi produksi ASI untuk seterusnya gimana..aku shaum gak yah..

Yaudin deh, yang namanya niat harus bener, semua berawal dari niat. Walo ramadhan kali ini aku tak bisa i’tikaf-taraweh di masjid-tilawah lebih banyak minimal aku bisa shaum , daripada engga..

Akhirnya terlewati sudah 19 Hari shaum ramadhanku Lalu bolong karena haidh.

Tapi tiba-tiba pas Hari-Hari jelang lebaran, pas mudik ke Jogja..entah karena Alzam lagi ga doyan makan jadi lari ke Nenen, atau karena Jogja panas jadi Nenen mulu? atau emang biasannya ditinggal Ummi ngantor, giliran ada Umminya liburan dia jd ngejar Nenen?
Yang biasanya doi siang Hari cuma minta ASI 3-4 kali, tiba-tiba jadi sering minta. Akibatnya? Pas malam Hari, produksi ASI dikit karena udah kempes dari siang ..

Selama dua malam, alzam guling-guling di kasur jelang tidur, dia nangis2, kehausan, padahal ASIku sudah habis. Badannya sampai hangat kurang ASI..*Dan aku kenapa ga kasih alzam air putih ya *aduhh baru pas curhat ke Temen baru ada ide air putih, saat itu pikiranku Dan suami ya emang alzam butuh ASI lebih banyak, tapi produksi ASIku mendadak sedikit.

Mana, di Jogja ga bawa stok ASI perah. Jadi aja, 2 Hari jelang ramadhan kami memutuskan agar aku tak shaum..demi ASI banyak..dan bener, ASI banyak lagi Dan Alzam kemudian lelap tidur kembali saat malam..

Yah, ternyata shaum ramadhanku ga full..

Tapi, berkesan banget perjuangan selama shaum ramadhan kali ini. Sangat berkesan jadi bikin Badan menipis. Fiuhh..

Semoga ibadah qta selama bulan ramadhan kemarin diterima. Semoga bener niatku, bener Dan lurus juga untuk kalian semua🙂

Selesai🙂
Begitulah shaum ramadhanku selama menyusui baby 11 bulan.

Posted with WordPress for BlackBerry.

6 thoughts on “Puasa Selama Menyusui

    • zarahsafeer says:

      Alhamdulillah Teh..sesuatu banged busui shaum yah..kalo Hamil shaum sih biasa ajah,tapi aku pake muntah-muntah sih pas Hamil muda sampai besar, jadi shaumnya kebanyakan bolong.

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s