MPASI traveling 12 bulan

Pada awalnya aku meragukan Alzam bisa makan nasi biasa bukan nasi lembek, tapi ternyata hari ini (yang mana besok mau mudik) ini anak lahap bener semangkok sarapannya pake nasi biasa yang campur beras merah (nasi di rumah nasi campuran dengan beras merah, biar lebih sehat)..jadi h-1 mudik aku coret slow cooker dari barang bawaan mudik.

Mudik kali ini, Alzam tepat usia 12 bulan berdasarkan kalender hijriah. Alzam lahir malam ke-25 ramadhan..tapi kalo kalender qomariah, 10 hari lagi deh baru 12 bulan.

Buat MPASI bociL selama 5 hari di rumah mertua, aku nyiapin banyak hal *lebay kali ya Ummi.

Ini dia bekal bahan-bahan MPASI zam:
1. 300 gram abon tuna made by Ummi Sera
2. 5 butir telur ayam kampung
3. Wortel sayur impor 2 biji
4. Tomat 1/2 kilo
5. Kangkung organik
6. Baby pakcoy
7. Baby kaylan
8. Jagung manis 1 bonggol
9. Kentang 2 biji
10. Tofu 1 bungkus
11. Kacang merah enduL 1/4 kilo
12. Bawang merah-putih
13. Keju diamond
14. Brokoli 1 batang besar
15. Zuchinni 1 buah sedang
16. Jeruk medan 1 kilo
17. Apel 1/2 kilo

Semua bahan-bahan dipilih yang awet di chiller kulkas 5 hari *nebeng kulkas mertua.

Dan Alzam itu kudu bikin jus/pure buah utk cemilannya..karena nafsu makan Alzam gede, dengan jus/pure buah cukup membuat kenyang sementara plus ga rewel diantara jeda sarapan dengan makan siang.Kalo jus/pure ini terlewat hmmmm..gapapa sih,bisa digantikan nenen. Tapi ga berani ambil resiko, lagian selama mudik justru buah-buahan penting banget utk jaga daya tahan tubuhnya.

Peralatan MPASI Zam yg mau dibawa:
1. Parutan dan grinder
2. Panci utk numis dan rebus
3. Mangkok, sendok, gelas

Karena dapet tiket promo pesawat Bandung-Yogyakarta *seperti biasah.. Jadi santai aja buat menu MPASI di perjalanan.

Rencana berangkat dari rumah ba’da subuh menuju bandara..cukup bawa nasi+sayur+protein..alzam sarapan pukul 6.30 di pesawat..

Sampai Jogja InsyaAllah jam 8an..maksi doi biasanya jam 12,jeda dengan maksi biasanya pure/jus tinggal marut apel, nyuapin doi..atau jeruk peras

Untuk menu maksi n makso juga bekel dari Bandung, tinggal dipanasin ajah di rumah mertua..

Terus, kenapa ya rempong amat Ummi tuh.
Pikiran dangkalku sih, kita aja yang orang dewasa capek juga mudik karena Jogja panas ga kek Bandung, adaptasi cuaca dsb..kalo makan ga bener/ telat makan bisa sakit.

Jadi buat bocil satu ini, berhubung Ummi yang selama ini masakin n tau makanan kesukaannya, ga berani ambil resiko dengan ga ngemasakin bocil pas nginep di rumah mertua.
Biar Zam tetep nyaman dan lahap makannya, jadi tetep fit badannya.
Sebisa mungkin menu mudik ga jauh beda dengan menu sehari-harinya. Justru mudik butuh asupan nutrisi yang banyak untuk kesehatannya.
Repot juga kalo tiba-tiba GTM karena belum kenal menu baru, jadi Ummi cari aman aja deh..tetep masakin Alzam MPASI *nebeng peralatan dapur-kompor-kulkas mertua.

Sangat lebay kali ya aku *perasaan

Ini abon tunanya udah jadi,setelah menyangrainya dan mengaduk-ngaduk dalam waktu 40 menit jadi juga ini abon..awet buat semingguan di chiller kulkas loh..alzamnya juga suka..

Ayo mudik…

9 thoughts on “MPASI traveling 12 bulan

  1. andiahzahroh says:

    Aku juga masak sendiri pas mudik mbak,
    cuma bekalnya ga sebanyak itu
    Umminya Alzam keren deh😀

    awal mudik raihan berjalan lancar
    raihan lagi lahap2nya makan, sampe2 kadang aku stop karena makan besar banyak, ngemil banyak (seringnya ngemil roti), susu banyak,
    tapi H+1 Raihan sakit trus abis itu sampe sekarang makannya susaaaahhh bgt (dapet 5 sendok nasi sekali makan udah alhamdulillah)

    Sedih banget
    Pipinya skg udah ga chubby lagi, huhuhu😦

    *malah curcol

    • zarahsafeer says:

      Sakit apa kakak raihan?
      Aduh skrg alzam juga lagi batpiL ketularan bibi pengasuh..muntah2 deh, dahaknya keluar semua..
      Aku juga jadi sakit tertuLar bibi jugak..

      Btw, bekal bahan pangan MPASI sebanyak itu cuma sedikit yang kepake gegara alzam pas mudik susah makan..

      • andiahzahroh says:

        kemaren sempet muntah2 sama sedikit diare
        baru bener2 sembuhnya pas mau balik Jakarta
        sampe sekarang masih lemes2 gitu deh, mungkin lagi masa pemulihan

        kalo dahaknya keluar malah lega, jadi agak plong😀

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s