Alzam 11 Bulan

Anak ini sudah besar, sudah bisa ngapain aja?
Lebih komunikatif sekarang..kosakatanya juga bertambah..ini yang baru:
Cicak itu tak/tatak
Awoo baba itu allohu akbar
Haooo itu hallo

Kalo yg lain sih masih sama kek dulu: bapak, babah,mama, papa, apa dsb..

perkembangan signifikan lainnya adalah: porsi Dan selera makan

sudah sebulan ini makannya lahap beda tipis sama kalap, ga heran sering ujungnya muntah..jadi, ya kita yang batasi porsi.

Porsinya itu makan tim nasi lembek bisa semangkok orang dewasa. Mangkok bayi udah jarang dipake lagi, berhubung ga muat..

Alzam juga suka dengan semua menu yang emaknya bikin. Ga pilih-pilih lagi, ga abon ikan melulu :p
Sekarang apa aja mau, jadi emaknya woles aja santai ngukus protein Dan sayur.
Udah jarang numis pake bawang :p

Sudah lahap dengan aneka buah-buahan..semangkok jus/puree lahap deh.
Dibandingkan zaman Zam 8-9 bulan yg GTM sama buah, ini jelas kemajuan pesat😀

Minum asi, berkurang pastinya, doi lebih suka makan..jadi ga heran, emaknya suka merah asi kalo hari libur karena Dicuekin alzam.. Stock ASIP di kulkas masih aman, 10literan yang terbuang pelan-pelan terkumpulkan kembali berkat rajin memerah ASI.

Kalo motorik Alzam, sepertinya sudah mulai percaya diri untuk melangkahkan kaki sendiri..baru 1-2 langkah sih tapi masih goyah, ayo teruskan perjuangan.

Alzam kalo diajak main ketemu teman sebaya juga udah ga mau digendong, maunya dititah, ngejar temennya, main sama temennya, walo ga jelas, mereka main apa sih, saling liat-liatan Dan colek-colek Dan jalan-jalan. Tapi kalo ALzam diakhiri sesi main bersama toddler tetangga, dia ga selalu mau ..masih mau main! Jadi emaknya kudu gotong zam yang meronta.

Lucunya, beberapa intruksi sederhana kian dipahami bayi di usia ini.

intruksi sederhana baru adalah:

-gimana suara motor?
Lalu alzam monyongin bibir sambil nyembur ‘brrrrrrrr..’

-melet gimana?
Lalu alzaam menjulurkan lidah

Intruksi melet ini berguna kalo kita Pengen Tahu alzam ngulum apa di mulutnya. Usia segitu kan, anak suka masukin apa aja ke mulutnya.

Intruksi melet ini kepake banget pas alzam makan kapas dakron guling.
Jadi kita bisa ambil kapasnya dari mulut dengan menyuruhnya melet -_-

Terus sekarang emaknya lagi ga ada ide, mau ngajarin intruksi apalagi ya? Any idea?

Toilet training belom nih, pengennya nunggu Zam bisa jalan lancar dulu. Biar gampang ke toilet.
Lagian, Zam itu entah mengapa takut pada lubang, termasuk lubang WC..jadi pernah suatu ketika dia teriak liat lubang WC sambil nangiss gitu,jadi closet kudu ditutup baru dia mau mandi di toilet.

Dan lubang saluran air di halaman depan itu menakutkan juga bagi Zam, ternyata..waktu itu dia lagi berdiri di pagar depan Rumah dia mimik muka nangiss gitu Dan minta dipindah menjauh dari lubang saluran air..

Apalagi yah, alzam belom ada gigi loh, oiya alzam kalo ngomong suaranya stereo, kebalikan kalo merengek nangiss suaranya kalem.

Jadi, diantara bayi-bayi tetangga yang sepantar atau yang lebih tua, Zam ini cerewet..mana suaranya gede pake teriak-teriak..bubblingnya itu tiada menit terlewat. Sambil ngapain aja ya ngoceh..

Makan pun, main pun, lucunya sambil ngoceh suka ketawaa sendiri..
Sibuk sendiri dengan ngocehnya..dan masih seperti dulu, kata favoritenya: Babaaaaaaaa…

Yang mana klo lagi teriak: Baaabaaaaaaa..ini bisa kedengeran ke Rumah tetangga.

Gatau deh kenapa, sejak 7 bulan Alzam ini hobi ngoceh: babaaaa..

Makanan baru yang Zam coba di usia ini: Teri Medan Dan putih telur kampung porsi dikit..hihi

Berat Badan versi posyandu tgl 6 juli 2013 alias saat Zam 10 bulan 3 minggu : 9.8kilo dengan panjang Badan: 75 cm

Tapi, gatau deh itu ngitungnya udah dikurangin pampers belom ya? Kalo di RS kan pampers n pakaian diitung 150gram..jadi berat badannya dikurangi 150gram.

Tentang berat dan panjang Badan.Ini kemajuan pesat, setelah Zam lahap makan..waktu 9 bulan doi kan 8.8kilo dengan panjang 69.5cm..

Waktu 9 bulan lebih 3 minggu doi juga cuma 9 kilo,panjang ga tau..

Eh tiba-tiba 10 bulan lebih 3 minggu jadi 9.8 kiloan panjang 75cm ..*naik 800gram nambah panjaang jg banyak , kek jaman di bawah 6 bulan ajah

Padahal biasanya kalo di atas 6 bulan palingan per bulan cuma naik 200gram-an, malah byk yg ga naik .

Jadi, ternyata makan banyak itu pengaruh sangat ke pertumbuhan berat badannya dan tingginya.langsung pesat pertumbuhannya.

Kesimpulannya, alzam kemungkinan besar growth spurt sebulan belakangan ini.

Growth spurt adalah percepatan pertumbuhan yang ditandai dengan anak ga berhenti-hentinya menyusu atau makan.Anak seperti ga kenal rasa kenyang,akibatnya dari banyak asupan gizi Dan nutrisi yang lebih dari biasanya, pertumbuhan anak jadi lebih cepat: terlihat dari berat Badan atau Tinggi Badan atau tak hanya fisik tapi juga kemampuan kecerdasannya.

Tapi, kalo Zam sekarang sih growth spurtnya lari ke makan..
3x makan tim semangkok orang gede (yg emaknya aja ngeliatnya udah kenyang) Dan 1x pure/jus buah.
Dan itu masih muat lagi untuk cemilan lainnya.

Terus, tar lagi 12 bulan itu artinya mau lulus asi eksklusif 1 tahun Dan MPASI homemade horeee🙂

Terusan, tetangga-tetangga pada nanya: Zam pake susu apa? Vitamin apa? Makan apa?
*karena Zam lebih gede dari Sebayanya

Ga pake vitamin,cukup MPASI bergizi aja..Dan. cukup ASI. Makanannya pun masih kukus-tumis.

Kalo emaknya sih, bikinin bubur kacang ijo pas wiken untuk sarapan Zam.
Terus menu ikan-daging-telur-ayam seling-seling aja.
Protein nabati: Tahu-Tempe-kacang juga seling-seling
Sayur juga seling-seling..
Nyesuain juga dengan budget Dan isi kulkas hihi..

Tapi yg jelas,tiap anak ada growth chartnya masing-masing..alzam di atas 6 bulan jadi slow sih tumbuhnya, karena growth spurt aja nih jadi cepet lagi.

Posted with WordPress for BlackBerry.

3 thoughts on “Alzam 11 Bulan

  1. punyahannawilbur says:

    Iya, memang ASI eksklusif dan MPASI homemade (tanpa bumbu2 instan) memang paling woke. Ke sy juga ada yg nanya anak dikasih tambahan apa, tapi justru gak dikasih ‘macem2’. Pokoknya ASI dan makanan alami bergizi.

    Wah, siapa tw Apta (10 bln) bakal growth spurt juga nanti, ya? Skrg sih blm keliatan heu2… Masih lbh seneng ASI.

    Klo Alzam udah suka ngoceh, ajakin ngobrol segala macem, Mbak🙂. Semua yg ada di sekitarnya, termasuk bintang, langit (misal). Ajakin baca surat2 pendek, nyanyi… Pasti tambah rame. Klo anak pertama saya bru bisa bicara usia 2 tahun lbh, tapi amazingnya, apa2 yg dulu suka sy beri tahu (ketika blm bisa bicara), dia ungkapin lagi. Padahal ada selang bbrp bulan. Berarti walaupun dy gak keliatan memperhatikan, tapi dia merhatiin banget, dan ingatannya kuat.

    Emang Alzam keliatan gede badannya ^^.–lucu lagi. Hebat uminya😀.

    • zarahsafeer says:

      Wah Apta Bagus dong ASI mulu, sepertinya krn faktor aku ngantor Teh , jadi Alzam ga begitu antusias sama Nenen, atau mungkin krn udah kekenyangan makan..
      Tapi kalo malem, Nenen selalu..
      Lagian aku kadang kepikiran takut Alzam overweight karena banyak makan.

      Aduh what a nice info,jadi semangat ngobrol sama Alzam,ternyata bayi ngerekam banget ya.

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s