Resep MPASI Acar Dori

Saya paling demen ngolah ikan laut untuk MPASI..karena banyak penelitian membuktikan ikan (terutama ikan laut) sangat baik untuk perkembangan kecerdasan anak.

Kali ini, Alzam dibikinin emaknya acar Dori..
Di usia jelang 11 bulan, setelah Sebelumnya sudah kenal ikan laut: tuna-salmon-kakap-gindara, baru kali ini nemu ikan dori di counter penjualan ikan supermarket. Ikan ini cukup familiar di resep MPASI berbagai sumber.Tapi kok saya susah nemuin nih John Dory..sekalinya nemuin di supermarket udah girang banget, karena harganya murah banget dibanding tuna-kakap, apalagi salmon *beda jauh deh

Sebelumnya, mari kita Cari tau apa manfaat ikan Dori bagi Kesehatan terutama bagi bayi.

Berikut kutipan dari tribunNews:

Berdasarkan penelitian Ikan Dori mengandung asam lemak tak jenuh (omega 3, yodium, zat besi, magnesium, taurin, selenium, flourida,
DHA, EPA dsb).

Bagi penderita tekanan darah
tinggi, kandungan DHA & EPA dalam ikan bisa
membantu menurunkan tekanan darah.
Selain itu ikan ini mengandung anti oksidan yang melindungi lemak tak jenuh dari oksidasi
sebelum dan sesudah pencernaan. Kandungan
protein, vitamin, mineral & asam lemak omega3 mempunyai efek baik untuk mata, jantung,
pencernaan, otot, dan meningkatkan kecerdasan anak.

Sumber:
http://m.tribunnews.com/2012/03/20/lezatnya-ikan-dori-menyehatkan

Kali ini saya olah ikan dori ini jadi acar ikan🙂
Segar Dan enak banget..
Resep ini untuk 3x porsi makan Zamboy.

Bahan-bahan:
1 siung kecil bawang merah
1 siung kecil bawang putih
100 gram fillet ikan dori
1 buah Timun lokal /kyuri (timun jepang) ukuran sedang
5 kuntum Brokoli
1 buah Tomat
1/2 buah Wortel ukuran sedang

Caranya:
Tumis bawang merah-putih hingga wangi dengan ELOO/unsalted butter , masukkan potongan tomat tumis sampai sari tomat keluar,masukkan cincangan ikan dori,tumis sampai ikan matang, masukkan wortel potong kecil tumis sampai wortel setengah matang, Lalu terakhir masukkan potongan timun/kyuri beserta brokoli potong kecil. Tumis sampai semua matang.

Ingat, untuk kualitas masakan MPASI yang baik, pergunakan api kecil , untuk menjaga nutrisi masakan agar tak rusak berlebih terkena panas.

Saya menggunakan api super kecil untuk menumis, sehingga untuk matang membutuhkan waktu 30 menit.

Taraaa..
Inilah dia acar dori, rasanya: super segar ..kalo untuk alzam, acar dori ini harus diblender lagi..

Rasa khas dari timun yang segar berpadu dengan ikan dori yang lembut Dan gurih..patut dicoba..rasanya acar banget :manis dari wortel-segar dari timun ketemu gurihnya dori.

Dan saya baru paham, mengapa banyak resep MPASI ikan menggunakan dori..yah, karena emang john dory ini lembut,ringan,gurih..lebih lembut dari fillet ikan Laut lain yang pernah saya olah.

Hoammm..baiklah, saya tarik selimut lagi..mari tidur kembali.

Sudah 3 bulan bangun malam untuk masak, jadi habbit lama2, malah waktu malam bisa untuk produktif membereskan banyak Hal sementara sibocah pulas..karena yang pasti juga, emang waktu efektif di Rumah ya malam,siangnya efektif di kantor.

Apalagi sebentar lagi Ramadhan,jadi mulai pemanasan mengurangi jam tidur.

Yuk happy MPASI baby..🙂

*seperti biasa Foto amatir, diambil malam hari :p

Posted with WordPress for BlackBerry.

9 thoughts on “Resep MPASI Acar Dori

  1. punyahannawilbur says:

    Ikan besar bukan Dory ini? Hati2, semakin besar ikannya, bisa jadi limbah buangan dari pabrik ke lautnya juga tambah banyak numpuk di lemaknya.
    Bisa juga beli minyak ikan salmon omega 3 yg udah di kapsul🙂. Nanti digunting trus campurin ke makanannya, atau bundanya yang makan, nanti anak dapet dari ASI🙂.

    • zarahsafeer says:

      aku juga udah pernah baca di milis ttg dori ini,yg katanya emg kudu hati2 yaah, hihi ttg penampakan ikannya aku gatau deh, belinya dalam bentuk fillet ,tapi wanginya kalo udah dimasak ngingetin sama baso Tahu/siomay..apa siomay ikan pake dori ya Teh?

      Btw, yg buat kita hati2 itu karena ikan ini ikan laut dalam yah?jd bisa terpapar logam berat di dasar lautkah? sementara salmon dkk Ikan laut perairan atas kah? Atau gimana? *nanya serius

      • punyahannawilbur says:

        Ikan2 yg ukurannya besar kan makan ikan yang lebih kecil, jadi ikut mengkonsumsi logam berat dari ikan2 yg lebih kecil. Terus, semakin besar dan banyak lemaknya (misal ikan paus) tambah banyak logam yang ‘terjebak’ di lemak badannya. Ini termasuk juga (walaupun gak besar ukurannya) seafood kepiting, dll.
        Ini juga yg mempengaruhi bnyknya prmasalahan ksehatan setelah bnyk konsumsi hewan laut, jadi limbah manusia kembali ke manusia lagi😥.
        Di keluarga sy, yg doyan seafood yg plg bnyk prmslhn kesehatannya. Pdhl gak alergi.

      • zarahsafeer says:

        Jadi gimana dong tehhh..
        Bingung *garuk-garuk

        Ikan tawar ajakah?
        Emang kalo di rantai makanan, ikan yg paling pembawa logam berat siy..

        Etapi ya tehh, barusan saya tes Kesehatan pake alat instan gitu..banyakan sih sama Temen2 kantor..rata2 pada terpapar timbal dong..yg terpapar adalah mereka yang momotoran..termasuk eyke
        Kebayang apalagi kalo macet n di belakang bis DAMRI, aduhh kena paparan timbal😦

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s