Gindara Balado Zucchini

akhir-akhir ini saya mulai lebih ‘ahli’ meracik komposisi MPASI untuk menciptakan rasa yang enak,lezat..iya,jadi 3 bulan masak MPASI yang Lalu anggap aja saya sedang belajar, coba-coba pada padan komposisi makanan tanpa mementingkan rasa.hahaha..jadi, kadang alzam ga begitu lahap. Karena saya bikin MPASInya yang penting bergizi ga mikirin rasa *LOL

Nah, makin kesini makin terasah keahlian . Dari bikin abon, ngolah aneka jenis ikan,dan prrotein lain.Dan yang ga kalah pentingnya saat memasak MPASI saya mulai pakai seni memasak saat masak makanan orang dewasa,yaitu: membayangkan rasanya sebelum memasak.
(jadi, daya imajinasi rasa itu penting banget saat kita masak..feeling lah)

Jadi, ga asal cemplung-cemplung kayak dulu pas awal MPASI. Sekarang saya amat memerhatikan komposisi, karena sangat memengaruhi rasa..*dulu saya skip tentang rasa buat bayi, saya pikir bayi pasti mau apa aja.tapi ternyata setelah saya berubah haluan menggunakan permainan rasa, bayi saya lahap, super lahap, banyak banget, doyan makan..

Maksudnya gimana?
Ada baiknya, qta mengingat menghafal rasa tiap bahan makanan, jadi ketika mencampurnya dgn bahan makanan lain, kebayang bakal tercipta rasa baru apa.

Misal salmon, salmon itu karakternya lembut, berminyak älami, gurih tasty gitu deh, dan amis..berarti kita padukan dengan tomat tumis agar menghilangkan amisnya, agar segar, dan netralisir lemak minyaknya. Dan tomat itu kaya VIT.C yang baik jika dipadankan dengan zat besi yg terkandung pada salmon. Karena zat besi agar diserap optimal oleh tubuh butuh katalis VIT.C..

Jadi, ada baiknya..qta sebagai ibu, saat memasak MPASI buat anak ga asal nyampur yang penting bergizi..

Hargai cita rasa bayi, kalo qta pandai meracik sehingga menciptakan rasa yang enak, bayi juga lebih lahap makannya .

Ini salah satu contoh resep ala aku dalam mengolah gindara.
Gindara adalah jenis ikan laut yang terkenal Tinggi DHA Dan mengandung 95% omega-9, yang sangat penting untuk perkembangan otak bayi Dan anak yang sedang dalam pertumbuhan terbesarnya.

Konsumsi rutin gindara pada orang dewasa juga dapat menurunkan kolesterol Dan menyembuhkan kanker juga mempercepat penyembuhaan penyakit tifus Dan demam berdarah, karena sangat ampuh menaikkan trombosit.

Nah, gindara itu amis, Dan Oily. Ini ciri khas ikan laut yang kaya DHA&omega: oily. Seperti salmon yang punya minyak lemak alami.

maka saya mensiasati amis dan berminyaknya dengan menggunakan bawang putih ditumis beserta tomat (balado). Dan menggunakan sayur zucchini yang rasanya light tawar agar lebih segar🙂

Ini dia resep MPASI untuk 3x porsi makan.
Gindara balado zucchini

Bahan:
100gram fillet gindara
1 siung bawang putih
1 buah tomat
2 sendok makan ELOO
100gram zucchini (kira2)

Cara masak:
Panaskan ELOO, tumis bawang putih cincang hingga wangi, Lalu masukkan tomat cincang..tumis sampai matang Dan tercipta saos tomat..Lalu masukin gindara cincang yang telah dicuci bersih (buang kulit dan tulagnya jika Ada),tumis gindara bercampur dengan saos tomat sampai matang.Lalu masukan zucchini cincang ..tumis sampai matang sempurna..

Super🙂

Untuk Foto kali ini saya tambahkan cincangan kaylan..

Enak banget sodara..Dan bibi juga memuji saya *melambung. Idung kuh*
Katanya, alzam lahap karena makanannya enak terus.

Untuk resep MPASI ini amannya diberikan untuk bayi di atas 9 bulan. Karena khawatir alergi ikan laut. Tapi alzam sendiri sih, sejak 8 bulan kurang udah santap ikan salmon & tuna.

Nah, berhubung alzam 10 bulan belom ada gigi, saya blender kasar deh balado zucchini gindaranya.

Baru saya pisahkan jadi 3 porsi, untuk 3x makan.Lalu masukin kulkas, kalo mau santap tinggal campur dibuburnya yang saya masak di slow cooker :p

Happy MPASI baby🙂

Posted with WordPress for BlackBerry.

5 thoughts on “Gindara Balado Zucchini

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s