mengatasi asi tersumbat

Oke, mungkin aku panikan Dan lebay sekali..
Padahal katanya penyumbatan asi pada busui itu common things yah..

Bagiku yang belum pernah, rasanya kaget ajah, ajah, ajah..di saat alzam 10 bulan, kok bisa kena penyumbatan asi.
Setelah selama ini lancar2 aja..

Aku juga ga tau gegara apa..
yang pasti doi udah nurun kuantitas mimik asinya, jadi ya produksi asi perlu penyesuaian,jadi sering mengeras karena ga terminum.. padahal aku rajin mompa *perasaan

Tapi, kali ini aku sangat panik, hampir 24 jam dengan kondisi tak nyaman, berbagai pose menyusui dicoba, menyusui, memompa, mengompres, memijat, non stop..bukannya membaik malah menjadi.

Sebelumnya, aku nelpon aimi jabar, minta home visit (tapi pada sibuk)..aku juga nelpon Dokter frecil. Nah, kata beliau jika lebih dari 24 jam minta bantuan orang lain (konselor laktasi). Sementara qta bisa terapi sendiri: kompres hangat-dingin bergantian, pijat, susuin anak dengan posisi dagu anak mengarah ke bagian tersumbat.

Nah, tapi..yang perlu digarisbawahi: rilex..

‘dari suaranya, sepertinya ibu panik, coba sekarang ibu mandi air hangat, Lalu kompres panas-dingin, Lalu susukan anak dengaan nyaman..yang penting rilex untuk memancing oksitosin..’ Begitu kurleb nasihat Dokter frecil..

‘semakin ibu panik, semakin susah untuk mengurai yang tersumbat, semakin dipijat dengan keras semakin merah Dan kebiruan, malah semakin susah untuk lancar. Cara memijat bisa digoogling, tapi harus diingat dengan cara gentle, smooth, tidak boleh dipijat keras..’ Yah kurleb begitu lagi nasihat Dokter cantik itu.

Tapi aku panik, kurang rilex..*ulangi
Aku panik, ga rilex *ulangi
Aku ga rilex😦

akhirnya, diputuskanlah aku ke pijat Totok langganan *malu

Singkat cerita, esoknya aku ke tempat pijat yang telah berlisensi itu.

Pijatnya seperti biasa, seluruh tubuh, untuk semua organ , jadi sehat semuanya..🙂
Lalu, untuk keluhan baru dikhususkan pijatnya.

Terus gimana after pijat dengan yg ahlinya?

Hehe, ajaib, tak Ada lagi yang kesumbat *hihihi

malah curiga ini tambah lancar jaya *padahal alzam udah 10 bulan,Padahal selama ini juga udah lebih stoknya..

Bagus banget utk terapi busui yang mau meningkatkan produksi asi..

Alhamdulillah🙂

Aku juga pernah sih cerita tentang Pitok ini, di post sebelumnya utk program Hamil Dan keluhan selama Hamil Dan pasca melahirkan..

Aku juga taunya dari Dokter,kata spogku:
Kalo masalah otot harus ke bengkel, ga bisa ke Dokter..ke Pitok aja bu..

Waktu itu sih, keluhanku wasir pasca lahiran, yang katanya itu Hal yang biasa pasca lahiran ya?
Serem..

Sesungguhnya aku ingin dong, Kursus teknik pijat Totok, bisa tau urat, otot, syaraf, kelenjar..
Biar bisa kenal tubuh sendiri..

Posted with WordPress for BlackBerry.

4 thoughts on “mengatasi asi tersumbat

    • zarahsafeer says:

      Alhamdulillah nee, kondisiku sekarang sudah membaik, malah sebangun tidur pagi2 banjir2 lagi kayak jaman alzam masih kecil..jd lancar banget..malah antara senangg Dan bingung, smg ga susah ngabisin stock asip.

      Hihihi, emang kalo ke ahlinya jagoan ya nanganin asi kesumbat..

  1. andiahzahroh says:

    pijat totok itu dimana2 namanya sama, tempatnya sama, atau kek gimana mbak Za? *aduuh, pertanyaannya mbingungi
    Maksudku, pitok itu kayak bekam gitu ya? dimana2 ada gitu kan?
    Kok kayaknya tertarik, hehe😀

    • zarahsafeer says:

      Oohhh kalo aku sih ke pijat Totok bu etty…google aja Ada webnya emang Ada beberapa cabang, kalo Pitok bu etty sih terkenal sebagai tempat pelangsingan n pengobatan..banyak yg jd singset diterapi, ibuku turun berapa kilo ya *lupa..sebulan turun 4 kilo, total turun 6kiloan kalo ga salah, kalo aku sih Pitok untuk Kesehatan sih..

      Bukan seperti bekam yang bisa dipelajari umum, Pitok kayaknya hanya orang2 tertentu yang bisa..soalnya ga sembarangan, harus ngerti otot,urat, syaraf, kelenjar,organ dalam..

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s