resep opor ayam minimalis

Berhubung ngidam opor ayam dari jaman kapan gitu yah, tapi belom kesampean aja opor ayam yg kuinginkan, aku inginnya itu opor ayam kuning dan bumbunya light tapi mantep..manis, gurih, asin..

Sekalinya waktu itu minta bibi masakin, tetep belom puas, rasanya masih ada yang kurang..

Akhirnya, tadi malem utak atik di dapur, mumpung bocah pulas..serius deh yg namanya punya buntut lebih tenang masak malam, ga diganggu ina inu si bocah..

Ini opor ayam bumbu minimalis, ga pake bumbu lengkap,tapi aku cukup puas, siapa pun di Rumah asal punya: duo bawang, kemiri, sun Cara (halah hahahha),sereh,salam,lengkuas..bisa bikin opor ayam
*namanya juga bumbu minimalis

Tapi ya jangan disamakan rasanya sama opor ayam bumbu lengkap, yang pake Santan segar dari kelapa..yang pake jintan Dan ketumbar. *balada ga punya bumbu lengkap, yang juarang buanget belanja ke pasar

Oke, opor ayam kuah Kuning minimalis, ala aku..siapa pun bisa masak ini, ini dia bahan-bahannya,no MSG yahh:

1 ekor ayam, potong sesuai selera

Bumbu yang dihaluskan:
8 butir bawang merah
5 butir bawang putih
5 butir kemiri
3cm ruas kunyit (atau sesuai selera)

Bumbu tambahan:
1 batang sereh memarkan
2 lembar salam
3 lembar daun jeruk (skip boleh,ini sih selera saya)
3 butir bawang merah goreng

Bahan lainnya:
Gula, garam, Santan instan 150ml (sesuai selera) *minimalis banget yah, padahal kalo mau repot pake Santan segar lebih super maknyos

Pertama, cuci ayam potong, Lalu jerang air sampai mendidih, cemplungin ayam kurleb 2 menit, sampai keluar busa-busa Dan lendirnya , Lalu buang air rebusan pertama (banyak lemak jahat Dan kotoran)..Lalu tiriskan ayam setengah matangnya.

Siapkan penggorengan, panaskan sedikit minyak..
Lalu tumis bumbu yang dihaluskan..saya sengaja ngulek itu bumbu biar beda rasanya..diblender ya monggo..
Tumis sampai matang Dan wangi🙂 sampai bumbu matang benar ya..

Lalu cemplungin sereh,salam,lengkuas,daun jeruk..

Tumis semuanya sampai matang Dan super wangi,Lalu tuangkan air kurleb 700ml (kira-kira aja lah) Dan Santan instan, cemplungin ayam deh,tambahkan garam dan gula sesuai selera, aduk-aduk tunggu sampai mendidih dan semua matang..

Jadi deh, taburin bawang goreng..

Lumayan lah, jadi nuansa lebaran..tinggal masak kupatnya..
Tapi ga jago moto nih aku, males nata-Nata ayamnya n garnish-garnishan..yah, fotonya emang jelek sih

Yah, amatiran..

Kalo hari-hari begitu sibuk utk masak, malam harinya bisa menghaluskan bumbu-bumbunya, terus masukin ke tuppy Lalu simpan dalam kulkas..besok pagi tinggal cemplung-cemplung..

Posted with WordPress for BlackBerry.

One thought on “resep opor ayam minimalis

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s