resep kakap goreng tepung

Yehaaaaaa \^^/

Awalnya, saya ragu-ragu saat Ivan, abang tukang sayur menawari saya fillet kakap..
Plus ditambah bonus 2 biji jeruk lemon..bengong..saya belum mengiyakan, tapi fillet kakap Dan lemon sudah dibungkus..

Ahh yasudah, yang penting ini barang masukin Kulkas, nanti sepulang kantor baru dieksekusi..di kantor seharian kepikiran kakap *sungguh terlalu bersungguh-sungguh sayah

Terus juga kepikiran tuna yang udah dibeli kemarin, cuma terlalu capek semalam tadi, jadi belum kubikin abon kesukaan Alzam..

Tentang Kakap, Ivan pas nawarin kakap bilangnya sih: ‘bikin asam manis aja bu’..heuuu tampak rempong..dan kudu belanja banyak (karena tak ada stock): Bombay, cabe, saos tomat dsb..

Yasudah, yang sesuai dengan bumbu minimalis adalah: cukup kakap goreng tepung..tinggal beli tepungnya ajah deh. Kalo dilanjutin dengan saus asam manis sebenarnya jadi deh kakap asam manis, tapi yah nambah bengkak biaya belanjanya beli bahan2 yang lain..

Akhirnya malam harinya, saya bikin abon tuna kegemaran si Kecil dan mengeksekusi si kakap..

abon tuna udah pernah cerita di sini:
https://zarahgy.wordpress.com/2013/05/28/resep-mpasi-abon-ikan/

Kalo yang sekarang cerita kakap goreng tepung,praktis untuk mom yang sibuk tapi tetep niat buat masakin orang Rumah🙂

Karena ga ribet,bumbu minimalis, terus tinggal dimasukin ke kulkas, pas mau disajikan tinggal lumuri tepung Dan goreng.

Bahan:
Fillet kakap kurleb 500 gram Tepung terigu kurleb 50 gram
Tepung sagu kurleb 150 gram
Telur 2 butir

Bumbu rendaman:
Air perasan 1 buah jeruk lemon atau jeruk nipis, bawang putih 2-3 siung,garam,lada

Pertama, cuci bersih kakap dengan air garam, Lalu potong dadu besar.

Tempatkan fillet di wadah, Lalu lumuri dengan perasan jeruk lemon,lumuri bawang putih cincang/halus,lumuri garam. Dan lada..

Masukin kulkas..kalo mau santap tinggal goreng kapan aja..

Esok harinya saya tinggal goreng deh..

Sebelum digoreng,kocok lepas 2 butir Telur tambahkan garam juga🙂 Lalu lumuri kocokan telur ke fillet kakap dilanjutkan dengan sesi guling-gulingan kakap dicampuran tepung terigu Dan sagu..siapkan minyak di penggorengan, tunggu minyak panas Lalu goreng dengan api kecil untuk memastikan bagian dalam fillet matang..

Goreng sampai semua bagian matang Dan berwarna kecoklatan.. Angkat deh..tiriskan,sajikan..

Enaknya sih dicocol pake saos🙂

Yang aku suka itu loh, sensasi jeruk lemonnya, emang pas banget buat kakap..kayaknya tinggal bikin saos mayonnaise aja deh..ini ga jauh beda kayak Steak ikan di clemmons..

Jadi, pengen bikin steak kakap untuk selanjutnya..

Dan nampaknya, kakap goreng tepung ini bakal sering seliweran di dapur..abinya alzam gemar sih.. *merona deh pipiku

Posted with WordPress for BlackBerry.

8 thoughts on “resep kakap goreng tepung

    • zarahsafeer says:

      Ini Zulfina yah?ehh apa kabar?newly married yah? Maapkan nulis resepnya kagak jelas aku yah, tepung itu dicampur aja tepung sagu n terigunya..sagu itu jd bikin keras, crunchy gitu..klo komposisi seberapa sagu n terigu ga saklek, terserah aja,yg jelas klo kebanyakan sagu jadi keras teksturnya..coba2 azaa..ntar feelingnya main *eaaa, padahal eyke juga amatiran

      • panatagami says:

        woh…hahaha oke mba… terimakasih
        *sampai sekarang tak kunjung dipraktekkan
        hari ini ‘bongkar-bongkar’ blogmu lagi buat nyari kisahmu saat nglahirin alzam. kok keknya enak gitu…. *butuh mensugesti diri dengan nyari bacaan yang bercerita indahnya melahirkan🙂

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s