pengalaman melahirkan (part 1)

Aku keingetan udah janji nulis di blog tentang peristiwa melahirkan alzam secara detail pada seorang teman yg waktu itu request..

Berhubung ingatan ga begitu okey, seingetnya aja deh

Alzam itu lahir di perkiraan usia 37w5d..
Sekitar dua minggu sebelumnya, saya sudah menjumpai beberapa titik flek kecokelatan..

Kalo kontraksi palsu sih, cukup sering yah saya rasakan..sejak 29weeks, cukup sering terasa mules, nyeri, linu ..

Dan makin intens kontraksi palsu itu ketika masuk 32weeks..rasanya ga jauh beda seperti mulas nyeri saat datang bulan..

Beberapa literatur menyebutkan bahwa, kontraksi palsu itu pertanda bahwa otot-otot rahim tengah pemanasan jelang lahiran..pertanda Bagus, karena terbuka lebar kemungkinan melahirkan secara alami.

Tapi, hati-hati..jika merasakan kontraksi palsu cukup intens dibawah usia kandung 36weeks, khawatir bisa malah jadi kontraksi beneran yang menyebabkan melahirkan sebelum waktunya..
Jika kontraksi palsu melanda, beristirahatlah, untuk merilexkan pikiran Dan otot..

Nah,saya dapat anjuran cuti dari Dokter saat usia kandungan 33weeks *kecepetan yah, harusnya kan 36weeks (cuti 1 bulan sebelum HPL )

Dokter, memerkirakan saya bisa melahirkan sebelum usia kandungan 40weeks, berhubung usia kandungan ini kira-kira ya bok ya, sehubungan ditambah jadwal haidh saya yang amburadul sangat..eh ternyata sesuai juga perkiraan Dokter, belum genap 38weeks saya sudah melahirkan..*jadi cuti saya pas 1 bulan pra persalinan (33weeks-37weeks)

Nah,selama cuti jelang persalinan, hari-hari awal saya habiskan dengan jalan-jalan pagi 1-2kilometer (rajin deh yuy)..plus jalan-jalan sore..

Nah makin lama, makin capek ya jalan kaki 1-2 kilometer tiap pagi n sore,,mana ngos2an yay, jadi sesanggupnya aja lama kelamaan maah..

Terus cuci baju jongkok, kucek-kucek..ngepelin lantai rumah ortu, mondar-Mandir buka buku senam Hamil (sampai beli diktat FKUnpad demi sukses persalinan)..sering banget mraktekin pose-pose senam Hamil/yoga/goyang inul kapan pun dimanapun..

Misal, lagi nonton TV, duduknya kudu duduk ala senam Hamil yg telapak kaki bertemu di depan *susah jelasin..posisi ini Bagus untuk mengunci kepala bayi di bawah..

Lagi nganggur, goyang inul, goyang-goyang sendiri *berhubung ga punya birthing ball, ball yoga itu ..

Gitu aja, jenuh sih..mati kutu cuti ngapain, ke Dokter , sengaja turun dari angkot jauh di ujung jalan biar jalan kaki..yah gitu lah pokoknya..

Terus pindahan rumah,beres-beres, muntah-muntah..gitulah..pokoknya banyak gerak..tapi pake muntah tiap hari ..hoeks

Pas kujumpai flek 2 minggu sebelom lahiran, biasa aja sih rasanya, ehh ga biasa sih..kaget! Takut kalo ini tanda2 jelang lahiran , kan bayiku belum 36weeks, takut premmie baby..

*jadi kesimpulannya eyke terlalu kecapekan kayaknya..jadilah, setelah kujumpai flek itu, eyke berdiam sajah , jalan paling sekali/hari..

Terus biasa, control ke SPOG, kata SPOG masih lama kayaknya, soalnya belum turun bayinya..ceritain flek, katanya biasa aja, emang wajar usia kandungan segitu, terus nanya ke Bidan jaga, kata Bidan: biasanya sehabis flek 10hari kemudian melahirkan *woww bahagia

Lalu, sehabis cek ke SPOG (sekalian diswipe Sama beliau n cek panggul),esok harinya di tanggal 12 agustus 2012, saya menjumpai lendir bercampur darah.. Mak!

Hmmmm..ternyata bisa saja efek swipe , yaitu menyapu jalan lahir , swipe bisa memancing persalinan loh..

Kurang tau yah, apakah ini efek swipe ataukah memang sudah waktunya saya akan melahirkan..
Jadi, jika kamu jumpai lendir seperti putih telur ayam mentah, itu artinya beberapa jam lagi akan melahirkan!

Tapi saya santai, sembari googling Tanya sini sana..berdiam aja di rumah, cerita Sama ibu..ibu bilang suruh ke Bidan, tapi saya cuek saja, walo udah agak mules sih..cuma yaa, tak apa..selama masih bisa dibawa kerjaan rumah, makin giat mencuci kucek-kucek jongkok..yesss, akan melahirkan ..senanggg

Eh tengah malemnya, saya ga bisa tidur kebangun terus karena mules, tapi tetep mulut kekunci ga boleh cerita kalo lagi on proses delivery, kalo sampe kedengeran ibu, bisa dibawa ke RSB..nah, tapi ibu Tahu aja sih ya, ibu tengah malam masuk kamar liat kondisiku, nanya mulesnya , Dan tawaran mengantar ke RSB..

masih yakinSih ,bahwa belum sampai tahap harus segera ke RSB, lebih nyaman bagiku di rumah..

Paginya, saat 13 Agustus 2012, lendir makin menjadi, wahh mulai yakin kalau saatnya makin dekat jumpa dengan anakku..

Pagi-pagi..
mencuci baju seperti biasa, *ini hobi wajib bagi Hamil tuaku..baru aja selesai jemur..ibu udah nodong antar ke RSB, tapi eyke nawar, ke Bidan aja deh, buat cek udah pembukaan berapa, kalo ke RSB belom pembukaan, males ga sih nginep disanah?mana takut ada induksi Dan lain-lain

Oke, ibu memboncengiku naik motor ke Bidan, mulesnya makin jadi pas naik motor, sampai di rumah Bidan, Bidan lagi ke warung, ibu tiba-tiba memaksaku segera langsung ke RSB..jadi, belom sempat ketemu Bidan langsung pamit pulang, mampir warung, beli pepaya..ini buah wajib bagi bumil tua *rekomendasi Dokter

Ibu warung memberi ucapan selamat padaku, karena ibuku cerita keadaanku, oiya, kami mampir ke warung dua kali..*hafal ya bagian yang ini mah..warung sana beli sayuran, warung sini beli pepaya

Sampai rumah, pengen beli perbekalan: roti, air dsb..naik motor sendirian ke minimarket..mules makin jadi mules banget..di supermarket diajakin ngobrol Sama Mbak cashier lama pula, sambil meringis nahan mules..

Sampai rumah, ternyata akomodasi sudah siaap mengantar ke RSB, barang-barang sudah siapp diangkut..yah, okey, tiba-tiba dapat telpon tak terduga, senangg banyak yang menyemangati..

Terus di perjalanan ke RSB, mulasnya setiap kali lewat polisi tidur yuy! Sakit bok..oiya, suami nun disana, sengaja belom dikabari, beliau lagi UAS, UAS hari terakhir, habis UAS beliau mau meluncur langsung ke sini katanya sih..

Pas sampe RSB,
Lapor Bidan jaga, cek pembukaan, pembukaan 1 longgar ternyata sodara..pengen pulang ke rumah, takut masih lama melahirkan , berhubung anak pertama..tapi ibu bilang ‘kamu melahirkan malam Ini’ itu kalimat pernyataan yang artinya biasanya benar, perkataan ibuku tuh gabisa, gaboleh ditawar, nurut aja dah..

Kalo pihak RSB sih, kasih pilihan mau nginap atau enggak..akhirnya kami memutuskan menginap saja, karena khawatir kalo melahirkan malam nanti malah rempong

Setelah dapat kamar inap, Ibu pamit undur diri (ibu sibuk sih yeh)..eyke sendiri tuh di kamar, mondar-Mandir keliling RSB, suami udah selesai UAS, jadi telpon Dan SMS Dan sebagainya.

Ya kabar-kabari Sama Temen-Temen lain,ya mondar-Mandir, ya diem aja, ya bingung sendirian di RSB, goyang inul sendirian..sampe bingung heeuu..

Oleh Bidan jaga, saya dipasang alat CTG untuk rekam jantung bayi Dan mengukur kontraksi..hasilnya: kontraksi teratur sudah Bagus, tapi kondisi bayi lemah..

Saya dari jam 10 pagi masuk RSB, akhirnya suami sampai RSB pukul 14.00an..yah, mulai semangat ada yang nemenin, ga suntuk..

Sore hari, Dokter jaga mengecek..masih pembukaan 1 longgar dengan jalan lahir tipis *jadi lendir pra persalinan yang saya jumpai sejak kemarin adalah proses pelepasan sumbatan jalan lahir yey

CTG again plus USG..hasilnya masih Sama, kontraksi Bagus tapi bayi lemah, ditengarai bayi lagi pules bobok..emang sih ga gerak aja..idealnya saat kontraksi datang, bayi ikutan merespon biar melahirkan lancar..
Hasil USG katanya bayi saya 3.5 kilogram *what?! Padahal 2 hari yang Lalu perkiraan 2.7kilogram (memang 2 hari yang Lalu controlnya di klinikk yang berbeda)..bagaimana bisah?
(padahal saat lahir 2.9kilogram)

Intinya sih perkiraan alat ga akurat lah yah..

Saya ditawarkan induksi untuk mempercepat persalinan yang dari tadi pagi masih pembukaan 1 longgar..

Saya ga mau induksi..

Singkat cerita,
Saya diberi opsi oleh Bidan: kalo sampai besok pagi belum melahirkan, ibu boleh pulang..karena biasanya anak pertama agak lama waktu melahirkannya..

Lalu..

Posted with WordPress for BlackBerry.

6 thoughts on “pengalaman melahirkan (part 1)

    • zarahsafeer says:

      Iyah Andi, pernah nulis juga disini..
      Sekarang tulis ulang versi lengkapnya utk temenkuw🙂

      Andiah beberapa bulan. lagi nulis pengalaman melahirkan anak ke2 dong yah..barakallah..smg lancar🙂

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s