manajemen MPASI ibu bekerja *ala Ummi Sera

Catatan:
MPASI kualitas baik berasal dari bahan-bahan pangan segar,komposisi bervariasi, dan disajikan segar segera setelah matang.

Namun, sebagai ibu bekerja, jangankan ibu bekerja, full time mother at home pun tentu akan kerepotan jika setiap waktu makan bayi harus memasak khusus tersendiri.

Saya bekerja,berangkat pukul 6.30an Dan sampai rumah kembali pukul 18.00an

Dan selalu semangat super buat menyajikan MPASI sehat bergizi buatan saya sendiri..

Ini dia manajeman MPASI saya..
Untuk 3x makan bayi🙂

Catatan:
Saya tak sempat berbelanja di warung dan belum ada ART.

Saya biasanya belanja bahan pangan segar di Superindo yang saya lewati saat pulang kantor.
Biasanya untuk stock 2-3hari:

protein hewani biasanya:salmon/tuna/daging/ayam kampung/telur ayam kampung

Protein nabati biasanya:
Tempe/Tahu/kacang merah/kacang ndul/jamur/edamame

Karbohidrat biasanya:
beras mentik wangi/beras merah/kentang/kabocha

Sayuran biasanya:
Pokcoy/kaylan/brokoli/kembang kol/bayam/kangkung/wortel/seledri/zucchini/timun/sawi dsb..

Penguat rasa dan aroma:
Keju,unsalted butter, bawang merah, bawang putih, bawang bombay

Saya menggunakan Slow Cooker untuk memasak bubur berasnya, sementara untuk beberapa jenis protein dan sayuran saya masak terpisah..

Oke, biasanya saya bangun tengah malam (setelah anak tidur pulas)..sekitar pukul 00-02, kadang baru bangun 02-04 (gatidur lagi) tergantung kondisi anak sih..segimana pulasnya.kalo ga pulas, Alzam tiap satu jam bisa cariin nenen emaknya.

Berhubung ga ada ART, tiap bangun malam itu saya mencuci semua peralatan makan dan Botol-botol ASI perah yang dipakai Zam siang harinya..kenapa ga pas pulang kantor? Biasanya Alzam pas saya pulang ngantuk pengen bobo nempel Umminya..

Nah, jadi mari bicarakan memasak MPASI..

Saat bangun malam, yang pertama saya lakukan mencuci peralatan makan dan minum Alzam *suerr kayak nyuci pake air es *Bandung tengah malam..terus kitchen sink ortu itu letaknya di teras rumah belakang, jadi nyuci sambil ditemani angin malam Dan pepohonan melambai ahahaha semacam uji nyali ,apalagi ada pohon alpukat gede, kadang dikagetin sama kucing loncat dari atap rumah belakang *OOT
Setelah cuci peralatan ZAm, saya nyiapin pancii untuk rebus steril botol-botol..*ga pake sterilizer,karena ga meyakinkan bagiku..

Sementara itu saya cuci beras Dan memasak bubur dengan slow cooker, Dan mengeluarkan bahan-bahan MPASI dari kulkas..

Untuk menu MPASI, saya suka berkreasi..menu favorit saya itu salmon..karena wangi tenan🙂 dan juga kaldu daging juga super wangi🙂

Nah, kalo ikan-ikanan, alzam sukanya ditumis..jadi, saya tumis salmon/tuna dicampur sayur2an lain..tumisan matang Lalu blender dan dipisahkan untuk beberapa porsi makan, Lalu masukin ke kulkas dengan wadah kedap udara, esoknya tinggal dihangatkan saat akan makan jadi yang mengasuh Alzam mudah dan ga repot..

Kalo daging, biasanya saya campur langsung dagingnya di
Bubur slow cooker, sungguh aroma bubur dagingnya! Sedappppnyaaaa apalagi kalo dipakein seledri..

Kalo butter/zaitun oil biasanya saya pakai saat numis bawang-bawangan dicampur ikan Dan sayur mayur lainnya

Kalo kacang-kacangan misal: kacang merah/edamame biasanya saya kukus terlebih dahulu..

Suka-suka deh, divariasiin, kadang kukus kadang tumis..

Biasanya untuk sekali masak saya pakai 1 jenis protein hewani, 1-2 jenis karbo (beras merah campur putih, kentang dsb ) Dan 2-3 jenis sayuran

Maksudnya sih biar kaya ragam, kaya rasa, kaya nutrisi..

Ini contoh Foto yang kuambil saat masak edamame-brokoli-kangkung-jamur Shitake..dikukus semua terus diblender Dan dipisahkan per porsi Lalu siaap masuk kulkas untuk disantap esok harinya..

Sementara itu untuk bubur Timnya, ini contoh bubur beras merah-putih kaldu daging yang dimasak dengan slow cooker..

Kalo untuk tekstur makanan, Alzam sejak 8 bulan udah makan bubur Tim, tapi berhubung untuk menjaga kesegaran, sayur dimasak terpisah Dan diblender deh..
Pas dihidangkan sayur blenderannya dicampur nasi Tim ,jadi tetap bertekstur..

Jadi puas rasanya, kalo sudah berusaha sebaik-baiknya untuk anak..oiya, jangan lupa berdoa ketika memasak..semoga barokah🙂

Posted with WordPress for BlackBerry.

13 thoughts on “manajemen MPASI ibu bekerja *ala Ummi Sera

  1. Ibu Menyusui says:

    Ummi Sera klo baby led weaning gimana? Ada yg blg klo baby led weaning melatih bayi untuk mengontrol konsumsi makanan dengan memakan sendiri sejak pengalaman awal dengan makanan. Terima kasih Ummi.

    • zarahsafeer says:

      Kesiapan Dan ketrampilan makan bayi berbeda-beda, saat mulai MPASI di usia 6 bulan, alzam belum tertarik dengan finger food, baru terampil finger food di usia 9 bulan, mungkin ini karena pengaruh alzam belum nongol giginya, jadi hasrat menggigit belum membahana..jadi alzam MPASI spoonfeeding, adapun finger food baru optimal saat menginjak 9 bulan..

      Kalo menurut pemikiran dangkal saya sih, spoonfeeding sama aja juga kok bayi yang mengontrol asupan makanan, kalo udah kenyang dan ga nafsu makan Mulut bayi ga mau buka kan ya..
      *pemikiran sangat dangkal

      Jadi, menurut saya sih, BLW atau spoonfeeding tergantung Kondisi kesiapan anaknya..biarkan anak memilih..

      Kalo kita memaksakan BLW ga baik juga,malah sama-sama stress, hahahah*aakibat alzam baru tertarik finger food saat 9 bulan

      Terus lagian, kalo bagi saya yg working mom, metode spoonfeeding itu paling ayem adem, karena pengasuh awam ttg BLW..jadi, BLW buat cemilan-cemilun aja deh kalo alzam sih

      *komen kepanjangan

  2. santril says:

    salam kenal mbak…seneng banget deh pas gugling-gugling tentang manajamen mpasi buat working mom dapet infonya kesini…^o^

    aku lagi persiapan mpasi sih buat anakku yang udah mau 4 bulan..jadi udah kebayang manajemen kaya apa yang bakal diterapin..

    nice posting mbak🙂

    • zarahsafeer says:

      Ini manajemen MPASI ala aku aja..
      Yg lain ada yg smua diolah jadi satu di pancii bubur atau slowcooker.

      Sekarang my boy 11 bulan,masih sama manajemen MPASInya, cuma beda tekstur aja..sekarang timnya lebih ke nasi lembek Dan sayur-lauknya no blender tapi masih digrinder :p

      Semangat ya Mbak, awal2 MPASI masih santai, yg mulai rempong pas 8 bulan ke atas..tapi ga lama kok,cuma beberapa bulan aja..krn tar lagi ga kerasa, anak udah gede ajah..aaaaa..

    • zarahsafeer says:

      Dian, yg masuk ke SC apa aja? Lauk n sayurnya jgkah?
      Aku biasanya bikin bubur beras aja di SC, jd ga diblender lagi.
      lauknya kukus pisah terus blender pas awal MPASI..kalo udah bisa tekstur kasar pake grinder,sampe usia setahun lauk-sayurnya masih ku grinder sih.
      Kalo udah lewat setahun biasanya udah mau dipotong2 aja lauk sayurnya.

      Kalo masak sayur+lauk+bubur nyemplung jadi satu di SC, buat awal MPASI kudu diblender diann..

    • zarahsafeer says:

      kalo aku angetinnya dimasak diatas kompor mbak…
      jadi kan aku bikin byk porsi, aku masukin kulkas dipisahin berdasarkan porsi sekali makan, pas mau makan porsi satu kali makan aja yg diangetin..

silakan komen

