nutrisi ibu menyusui

Kadang merasa lemah lunglai, ngilu tulang, lemas Dan sangat lapar *halah

Yah, begitulah menjadi mamaaa perah.
Menyusui anak membuat berat badanku turun 20 kilogram saat ini..

Saat Hamil tua, total kenaikan berat Badan menembus 17 kilogram..

Dan sekarang, saat Alzam Harits Nugraha usia 8.5 bulan..berat Badan saya turun 20 kilogram..jadi defisit 3 kilogram sih, seperti zaman kapan gituh, kayak waktu masih unyu-unyu seragam abu-abu

Cuma kadang-kadang seperti merasa kurang gizi, aduh ringan rasanya Badan..

Ya kebayang aja, nutrisi disedot bayi..walo rasanya porsi makanku udah jumbo tapi terkuras juga untuk aktivitas sehari-hari..

Jadi, mulai bulan kemarin ini aku kembali rutin minum susu kambing (susu sapi bikin aku mules), mulai minum air kacang ijo seperti Dulu waktu Hamil, Dan menggiatkan kembali makanan bergizi *hahaahaha, sebulan terakhir tanpa ART membuat makanku berantakan.

Dulu waktu ada bibi bala-bala, sarapan pagi udah disiapin buah potong,sekarang aku akan menggalakkan sarapan buah kembali oyee!Tapi, harga buah lagi pada mahal yah akhir-akhir ini..

Baiklah, ibu menyusui jangan lupa perhatikan suplai nutrisi, kalsium terutama kalo ga entar bisa osteoporosis dini loh..

Semangat ya busui🙂

*eaaaaa ngomong sendiri
Ini mau pulang kantor, lembur ceritanya..

terus ini hasil pumping hari ini, total 5 botol sih..1 botol lagi kuperah di rumah pagi hari..ga tau sih Bagus ga sih, produksi ASI surplus,produksiku 2x yg dibutuhkan alzam saat ini, emang dari Dulu sih surplusnyä,tapi makin menjadi di usia Alzam 8.5 bulan,kan dia udah mulai banyak makan jadi mimik ASI berkurang.

Mau ngurangin mompa tapi rasanya ga nyaman kan *dilemma

Ya Allah, ampuni aku yang telah membuang banyak ASI perah akhir-akhir ini, dikarenakan kulkas mini non freezer punya ibuku ga bisa menampung, dikarenakan kalo mau diusahakan disimpan beku (sewa freezer) ragu bakal keminum karena Alzam mimiknya sudah sedikit..

Jadinya, aku meminimalisir stok ASI di kulkas mini dengan menyingkirkan ASI hampir out of date, Dan menyajikan ASI perah 2 hari yang Lalu untuk diminum Alzam..

Begitudeh, mari ibu-Ibu menyusui perhatikan asupan nutrisi kita sehari-hari..Badan ibu sehat kuat, keluarga juga sehat🙂

Posted with WordPress for BlackBerry.

2 thoughts on “nutrisi ibu menyusui

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s