MPASI praktis

Sebenarnya itu ternyata MPASI buatan rumah itu gampang, ga repot, praktis malah ..daripada masak untuk anggota keluarga..*menurutku

Padahal di awal-awal alzam mulai makan aku udah parno duluan takut ribet,takut ga sempet..

Gara-garanya sebagai ibu baru kadang terlalu äntusias, semua serba teori..

Sejauh ini, semua bacaan forum-forum MPASI ibu bekerja yang pake sistem dibekukan belum pernah aku terapin..

Karena, aku masih sempet buat nyiapin MPASI alzam fresh hari itu juga Dan ga capek kok, serius, nyiapinnya cuma bentar banget, cuma dalam hitungan 5- 10menit..

Dan karena aku ada bibi bala-bala yang membantu mengasuh alzam sekaligus membantu kerjaan domestik rumah: cuci mencuci peralatan sebagian besar oleh bibi, sepulang kantor aku cuma bangun malam hari untuk melap peralatan Dan mencuci pompa asi juga beberapa peralatan kotor yg belum tersentuh bibi,juga mengecek kebersihan peralatan (botol dot asip Dan peralatan makan mpasi)

Jadi kalo anakku udah pules bobonya, aku bangun malem, biasanya sih buat nyuci pompa asi+botol+peralatan lain , sholat+tilawah, sempetin juga kupas-kupas bahan MPASI, terus potong-potong simpan di kulkas,esoknya tinggal kukus dan bibi tinggal blender saat akan diberikan..kalo terlalu capek Dan ngantuk ga sempet bangun malem ..
..biasanya sebelom mompa asi subuh hari, aku masih sempet kok nyiapin cuci-potong bahan maksi Dan maksonya alzam..

untuk menu MPASI alzam di 7 bulan ini: sarapan pure/jus buah, maksi bubur lembut karbo+sayur+protein, makso seringnya Sih Sama dengan menu maksi (sengaja nyiapin maksi 2 porsi sekaligus untuk makso)..

Kalo bikin bubur-nasi Tim dkk disaatnya nanti, rencananya aku nyiapinnya juga malem atau subuh..bisa banget kok *berhubung aku ngantor berangkat jam 7 an (baca: 7 lebih 5 )😀

Terus, gimana belanjanya? Emang sempet? Apa belanjanya pas wiken?

Sesungguhnya aku tak perlu heboh, karena tukang sayur rajin berjualan keliling rumah-rumah komplek kami..warung sayur mayur pun bisa dijangkau ga terlalu jauh..

Pas bibi bala-bala belanja untuk masak, aku tinggal nitip aja ke bibi buat dibeliin..gitu deh..

Tapi, sesungguhnya..aku suka yang praktis, jadi menu MPASI alzam sesuai dengan menu makan keluarga..yohaaaa!

Kalo bibi lagi masak sayur lodeh, bibi lagi potong-potong Dan nyiapin bahan sayur lodeh tuh: wortel-kacang panjang-tempe-oyong..
Yaudah aku tinggal comotin potongan wortel-oyong-Tempe..dikukus terus diblender buat alzam🙂

Kalo bibi lagi masak sop: brokoli-kembang kol-kentang-tomat ..yasudah, aku tinggal comotin potongan: brokoli+kentang+tomat dikukus Lalu blender..

Pas bibi masak sayur bening bayem: bayam-jagung-wortel-tomat..yaudin deh, aku tinggal comotin bayam+jagung+wortel+tomat dikukus Lalu diblender

Dan seterusnya….tentunya dipilih sayuran Dan protein yang mudah dicerna bayi..

Terima kasih pada bibi bala-bala..telah menjadi partner Tim yang baik mengasuh alzam, membantu memberikan MPASI sehat untuk alzam..

Jadi begitu deh, ga rempong kaaannn😀

Oiya, jadi gini nih kalo aku..
Pas zam bangun subuh-subuh..biasanya dia bangun buat pup *horeeee sejak mpasi alzam pup teratur hihi..

Terus habis pup biasanya bobo lagi bentar,sekitar 30 menit, terus bangun..nah waktu dia tidur selama 30 menit itu aku sempetin buat mompa asi, nyiapin Mpasi Zam , Dan siap-siap ngantor

Kalo udah bangun dari bobo bentarnya , yodah kutaruh zam di bouncernya, dia udaah hafal nih..kalo didudukin di bouncer is time for eating😀 yeahhh..jadi zam udah langsung ngunyah-ngunyah, mengulum lidah, mengecap-ngecap..pokoknya kayak orang lagi kelaparan hihihi..sementara itu emaknya lagi nyiapin jus/pure buahnya ..sambil ikutan makan buahnya wkwkwkwk

Terus suapin alzam, sekitar 10-15 menit, kalo mepet waktunya..aku minta bibi lanjutin nyuapin alzam..

Biasanya habis nyuapin zam aku baru mandi Lalu berangkat ke kantor😀

Sebelom ngantor, aku udah nyiapin bahan-bahan maksi n makso alzam (biasanya malem atau subuh kusiapinnya)..bibi tinggal kukus Dan blender..aku biasanya naruh potongan umbi/sayur atau tepung beras di wadah Kedap udara..

Kalo tepung sih, dimasak Dulu untuk dijadiin bubur..untuk tepung memang ga boleh rutin diberikan ke bayi..tepung yang cukup famous itu: tepung gasol..
Kalo mau bikin tepung sendiri juga gampang..cuma sekali lagi: mau tepung bikinan sendiri, mau tepung gasol intinya ga boleh rutin diberikan ke bayi..*menurut pakar gizi:Pak Wied Harry

Hampir setiap hari, aku menyempatkan diri pulang ke rumah saat istirahat siang, walo..di rumah cuma : makan-sholat heheh..

Tapi, dengan begitu aku bisa mengawasi Dan mengontrol bibi..juga bisa ketemu anakku sayang yang lucuuu..

Alzam maksi biasanya jam 11.30, makso biasanya jam 15.30🙂

Biasanya maksi dibikin 2 porsi, 1 porsi untuk dihabiskan saat itu juga..1 lagi disimpan ditutup dalam wadah kedap udara untuk diberikan saat makso..

Yap gitu aja🙂
Ga susah..
*padahal Dulu sempet takut juga akan keribetan MPASI

2 thoughts on “MPASI praktis

    • zarahsafeer says:

      Ya Allah sayangku…
      Betapa aku salut Sama full time wife & mother kayak Bunda taqiy..aku klo urus alzam n urus rumah pas
      Wiken itu so so so melelahkan..*hampir tiap wiken bibi pulang..

silakan komen

