pompa asi rekomendasiku

Aku mau cerita..tentang dunia perpompaan asi utk alzama..
Oiya, alzam itu dari kata alzama yang di alqur’an itu loh..wa alzamahum kalimatattaqwa..Dan teguhkanlah kalimat taqwamu *gitu deh kurang lebih artinya ya..

Jadi, untuk memompa asi bwt alzama itu saya mengandalkan: Medela harmony sampai sejak alzama usia 5 Hari hingga 4 bulan..
Lalu saya memutuskan untuk beralih ke Philip avent manual sejak alzama usia 4 bulan *karena Medela harmony rusak .. itu diafragma harmony udah 2 kali robek..

Oke ini dia reviewnya Ummi sera ttg 2 merek brestpump itu..

MEDELA HARMONY

images

Menurutku ini pompa sejutah umat..
Harganya pertengahan lah diantara breastpump manual lainnya..di tahun 2012 harganya seputar 450ribu-500ribuan .. Juli 2012 aku beli di MAebebe babyshop Bintaro Rp 458.00 (KALO GA SALAH)

Apa yang kusuka?
Simple banget! Ngerakit Komponennya hanya: tuas-corong- konektor-membran-botol

Dan botolnya pun botol standar, jadi mau pake botol apapun asal yg ukuran standar bisa digunakan utk Medela harmony..
Mama perah yang tipenya Suka nyediain asi perah fresh, lebih baik pake botol dot langsung utk mompa..jadi ga perlu repot, dengan botol yang sama, habis mompa langsung disimpen Dan langsung dikasih nipple tuh botol kalo mau disajikan ke bayi..

Yang lain yang kusuka dari Medela harmony itu..
kesemua komponennya gampang dibersihin Dan disterilin..

Yang paling kusuka: ringkas, praktis, mudah dibawa kemana-mana ga makan tempat di coolerbag..

Bagaimana performanya?
Aku Suka, ini yg membantu mengawali Hari-Hari sebagai ibu baru..pake Medela harmony sekali merah rata-rata 200ml..*klo pas Hari-Hari ibu baru 70-100ml..

Tapi eh tapi, kadang aku ga puas, LDR nya itu loh ga maksimal..jadi habis mompa, masih ada yang merengkel, payudara belum kosong..
Susah deh, manalagi..kudu dipancing2 lagi kalo mau LDR lagi..

Kan Medela harmony ada 2 fase di tuasnya, kalo mancing buat LDR pake tuas depan, klo udah dapet LDR pake tuas belakang..

Yah, walo demikian..Medela harmony ini yg mengantarkanku pada rekor asi perah 350ml sekali perah *sampai saat ini itu rekorku..

Terus,
Yang aga ga puas itu:
Pegel bok!
Kadang Suka pegel..jadi tuasnya menurutku kurang ergonomis..

Dan diafragma harmony itu riskan banget akan kerobekan..
3 busui di kantorku yg pake harmony pernah mengalami ini!

Beli sparepart diafragma juga mahal..apalagi buat aku yg kali kedua robek tuh diafragma , mikir banget pas mau beli sparepart..masa’ dlm waktu 4 bulan, 2 kali rusak..

Jadilah kuputuskan beralih ke avent Philips manual..


PHILIPS AVENT MANUAL

avent

Saat beralih ke avent, aku shock! *lebay..
Banyak sungguh komponennya itu..

Corong-silikon corong-tuas-diafragma-membran-cincin botol-botol

Mana pula, itu semua komponen aga ribet bersihinnya, Dan ga Semua komponen boleh disterilin..

Semua komponen yg berbahan karet dilarang keras terkena air panas, kalo mau sih pake air hangat 40 derajat..

Jadi kalo masalah sterilisasi, jelas ga bisa steril nih pompa..ga kek Medela harmony..

Dan, yg ribetnya, boros makan tempat di cooler bag! Berhubung corongnya gede..
Cocok nih buat ukuran payudara yang besar..
Jadi,
Dianjurkan Punya cooler bag kapasitas besar yah ibu2 kalo mw pake avent..

Dan, yg bikin aga riweuh itu..asi Suka keselip-selip di komponennya, terutama corong silikon itu..

Tapi, tak apa deh ya..walau cukup lumayan asi perah yg tak tereksekusi Sempurna dari breast pump..karena eh karena jumlah hasil pompa saya melonjak sejak pake avent!

Corong silikonnya itu loh ternyata rahasianya,dan breast pump merek Unimom ternyata berani juga untuk duplikasi corong silikonnya avent..
Walo aku sendiri blom pernah coba Unimom, tapi biasanya yg ikut2an belum bisa mengalahkan pelopor..

Teknologi avent manual ini dipatenkan Dan diberi nama Let-Down Massage Cushion. Jadi corong silikon ini seperti bantalan empuk mirip kek mulut bayi yang mencakup keseluruhan aerola saat menghisap asi..

Kalo Medela harmony kan hanya nipple aja yang terstimulasi, nah kalo avent manual ini persis kek Cara bayi menghisap, ga cuma nipple tapi juga aerola kita terstimulasi..

Satu lagi, ga pegel!
Tuasnya ergonomis banget, mungkin karena sudutnya hampir 90 derajat dengan botol..jadi ga banyak tenaga buat gerakin tuas..

Kalo harmony kan tuasnya jauh dari botol, butuh tenaga untuk menggerakkannya..

Yang jelas, hasil perah saya meningkat 25%..

Kalo pake harmony di kantor Biasanya hasil perah utk dibawa ke rumah: 400ml-450ml..
Sejak pake avent manual: 500ml-600ml

Ini dia penampakan coolerbagku hari ini sebelom pulang ke rumah..
Ada kurang lebih 500ml hasil perah..4 botol kaca, 1 botol avent keisi semua..

Posted with WordPress for BlackBerry.

27 thoughts on “pompa asi rekomendasiku

  1. reza says:

    Salam kenal ummi, thanks info nya, saya baru beli avent manual, tapi kok asi nya keluar pas pertama mompa aja ya, sekitar 2-3 mnitan, abis itu kosong ga ngalir lagi padahal pd masih bengkak, apa ada yg salah dengan cara saya memompa, boleh tau cara ummi memompa gimana yaa? Pompa pendek2 tapi cepar atau pompa pelan2 ummi? Terimakasih

    • zarahsafeer says:

      Salam kenal kembali mbak..
      Cocok cocokkan mungkin mbak,udah dapet LDR nya belom? Dimana asi nyembur banyak ga terbendung..klo aku sih,kdg cepat kdg pelan2 seenakku aja hehe..atw ad sparepart yg belom terpasang atau rusakkah?

  2. dresthi says:

    maaf mba mau tny saya baru saja beli avent manual setelah seblumnya nyoba madela harmony, pindah ke avent karena puting sering lecet waktu di pompa pke madela, mgkn krn gak ada silicon nya di corongnya, jadi pas di pompa puting kegesek2 sm corongnya, nah yang mau saya tanyakan pas waktu pke avent itu kok sering kluar bunyi ngik-ngik ya, apa mba jg ngalamin jg? kemudian menyiasatinya gimana ya mba?kan berasa gak nyaman klu pas mompa bunyi ngik2 gitu.

    • clara says:

      haii mba salam kenal.. aku juga pakai avent manual comfort dan suka bunyi ngik ngik. coba dibuka karet di bagian tuas mba. biasanya kemasukan air asi. dikeringkan dengan lap kering atau tissue aja. semoga membantu😉

  3. fikar says:

    hebat bgt bisa sampe 300ml mba. kok istri saya cuma bisa sampe 90ml ya. itu juga keluar nya cuma netes2 aja pake breastpump elektrik. apa breast pump juga ngaruh untuk pompa asi nya?

    • zarahsafeer says:

      @DRESTHI
      maaf bgt ya baru reply..berubung bener2 jarang ngeblog lagi maafkan..
      iya, pake avent yang baru emang gitu
      namanya jg baru, antar partnya belum luwes jadi klo saling bergesekan bunyi..tapi lama2 ilang kok bunyinya klo udah lama dipake..
      atau kita jg bisa minimalisir bunyi ‘ngik ngik’nya dengan dipasang ulang partnya, terutama part diafragmanya..hppy pumping😉

  4. sri mariyani says:

    Mbak saya juga pake avent manual..awal pumping dapet 80 cc masing2 payudara, hri kedua kuga segitu, hari ketiga dan ke empat 60 cc..hri kelima dan seterusnya breastpumpnya ngambek, g ada asi yg terpompa setetes pun…sedih..saya sih biasa sterilin alat pake alat steril semua sparepat dimasukan, apa itu pengaruhnya?? Klo mbak utk yg bahan silikon disterilkan sepertj apa? Tolong di share mbak…

    • zarahsafeer says:

      @sri mariyani
      Maaf batu reply,kelewat bacanya…
      Mbak, klo hasil pumping ga maksimal ada kemungkinan blm terpasangn dgn benar,blm tahu cara menggunakan,ada yg rusak, n yg terakhir ga cocok. Ada malah yg lbh cocok perah ASI pake tangan…

      Oiya silicon gaboleh disterilin ,bisa longgar n rusak…cuma dibilas air hangat aja mbak…

  5. RINY STWN says:

    Senang dech ada tempat bwt ngbrolin masalah pumping. Kebetulan q pake jg breastpump avent manual comfort. Sayangnya koq mala asiku g bisa keluar. Dah LDR tp setelah LDR asi g mau muncrat pdhl PD dah penuh banget. Jadi pengen nangisss :’. Udah gitu klo tuasnya ditarik mpe pol malah PD jd sakit ketekan sm silikon yg ada pijatannya itu. Salah nempatin corong apa gmn ya mba mhn solusi dr yg berpengalaman…

    • zarahsafeer says:

      Waahhh mgkin ga cocok sama avent ya mbak..soalnya klo aku ga ada masalah..
      Btw..klo sakit disesuaikan aja ritme mencet tuasnya..kdg cepet kdg pelan,kdg narik pol kdg cm setengah aja nariknya..tergantung ritme LDR juga sih..

  6. Febri says:

    Mba, maaf nipplenya pernah sakit g waktu pakai avent ini? Di saya kok sakit yah,. Ada pengalaman mungkin biar ga sakit nipplenya?

  7. nirrune says:

    halo mba, kebetulan ak juga pake Avent Manual yg dusnya putih-ungu..
    aku masih blm begitu paham soal perah-memerah ASI mba.. Kok bisa sampe 300an ml ya mba? LDR itu apa? sama ak kalo mompa juga sbnrnya masih banyak banget d PD, kan masih berasa tuh. Gimana caranya biar bisa sampe kosong ya mba? soalnya kadang2 suka ga keluar, jadi kalo mompa, kudu 2 tangan. yg 1 buat pump, 1 lagi buat agak nekenin si corongnya k PD..

    • zarahsafeer says:

      LDR, let down reflex..dimana ASI mengucur paling deras, biasanya bayi yg masih kecil kadang geladapan saat semburan ASI lg deras2nya…
      300mlan biasanya stlh 3 jam ga pumping hasil dari kedua payudara…tiap ibu beda produksinya sesuai dengan kebutuhan bayi…
      iya, salah satu cara ngosongin ASI kalo pake breastpump: satu tangan mencet tuas pompa, satu tangan lagi mencet payudara mbak..

  8. Elfa says:

    Wah serunya pmbahasanny .. smoga ak blum ktinggalan yaa..
    Mba ak mo tnya .kmrn ak baru bli avent manual cofrt yg kardus putih ungu. Tp knapa tutup botol ke tuas pompa it g kenceng ya mba .. apa pny mba bgtu juga..
    Tp klo botol d tutup pakai tutup dot susu kenceng. It rusak atau mmng bgtu ya say mhon bantu jwb ya biar tenang klo mmng bgtu dr sananya

    • zarahsafeer says:

      Mmmm…maksudnya pas kita mau masang corong ke botol ga kenceng gitu ya? Ada yg lupa dipasangkah? Ada tipe yg make cincin di atas botol sblm dipasang corongnya…klo mbak tipe yg baru atau lama? Klo tipe lama harus dipasang cincinnya baru kenceng mbak…

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s