tentang ibu bekerja

Kusuka tulisan ini, dari blognya seorang ibu pekerja di sini nih :
http://erikatakidah.wordpress.com/2012/07/13/seburuk-itukah-ibu-bekerja/

Ini dia tulisan beliau:

Tulisan ini hanya sebagai curahan hati… setalah membaca blog nya Motiva Tweet yang mana saya juga sebagai followernya. Ada beberapa hal yang menggelitik hati, bukan membela tapi ingin memperbaiki image. Ibu bekerja seringkali dihubungkan dengan kebutuhan ekonomi bukan dengan eksistensi. Saya bukan pendukung tulen wanita karir walaupun memang kondisi saat ini saya sedang berkarir. Siapa yang tidak ingin di rumah? mengurus anak dari tangan kita sendiri, hal ini pun pernah saya alami selama beberapa tahun. Kemudian sekitar 3 tahun terakhir saya mulai berkarir di luar rumah sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi negeri di Jakarta.

Setelah membaca blog http://motivatweet.com/2012/07/buat-ibu-bekerja.php beberapa komentar pembaca seolah2 semua merasa salah, menggores hati, ingin menangis… betapa rasanya kami ibu bekerja benar-benar kurang berharga dibandingkan dengan para FTM. Pertanyaan saya menjadi berubah, ibu bekerja ada di berbagai sektor dari mulai rumah tangga, pendidikan, pemerintahaan, kesehatan, keamanan, politik dan lain sebagainya apakah menjadi tidak berharga? apakah memang seharusnya kami di rumah? bisa berbisnis online tanpa meninggalkan anak dan lain sebagainya? mungkin lupa kalo anak mereka sakit perlu juga datang ke dokter anak bahkan ada beberapa teman yang kalo hamil dan melahirkan pinginnya dokter kandungannya perempuan… nah lohh dokter kandungan kan ibu bekerja juga toh? lupa yaa dulu kita lebih seneng sama guru perempuan, karena lebih telaten dan pengertian? waduh gimana rasanya kalo semua ibu bekerja harus jadi pebisnis online dan stay di rumah?

Saya bukan ingin dihargai tapi mungkin penulis blog tersebut harus banyak melihat, membuka mata, lihatlah para ibu yang menjadi dokter anak, dokter kandungan, perawat, bidan… juga guru dan dosen  dimana sektor-sektor tersebut memang sangat cocok  dilakukan oleh para wanita. Lihatlah kebermanfaatannya, mungkin benar beberapa teman berbisnis online bahkan mengaku penghasilan dia jauh lebih besar dibandingkan dengan gaji sebagai pegawai. Tapi apakah kebermanfaatan mereka terasa oleh banyak pihak?bahkan oleh orang-orang yang mencibir betapa ruginya menjadi ibu bekerja. Setau saya bahkan yang berbisnis online pun terkadang harus meninggalkan rumah, belanja misalnya, harus kumpul dengan teman-temannya untuk memasarkan dagangannya, harus juga mengikuti training, bootcamp atau apapun yang acaranya dibuat oleh kelompoknya. Bahkan dirumahpun mereka harus tetep online tak lepas dari blackberry dan sebagainya. Tidak dijamin juga anak yang ibunya bekerja dengan anak yang ibunya FTM akan mendapatkan kasih sayang yang berbeda

Tidak ada yang hina bagi ibu yang bekerja apalagi kebermanfaatannya bukan hanya sekedar uang tapi keberkahan dalam mengajarkan ilmu kepada murid, mengobati pasien atau apapun. Berharga mana ibu FTM yang bisnis online mendapatkan hadiah gratis jalan2 ke luar negeri meninggalkan anak dan suami dibandingkan dengan ibu bekerja yang bekerja sebagai peneliti harus keluar negeri mempresentasikan hasil penelitian yang mungkin akan bermanfaat bagi umat manusia.

Semua ibu punya potensi, semua ibu punya pilihan bekerja atau tidak, semua ibu boleh memilih disektor mana dia ingin mengabdi. Tentunya ini juga seizin suami. Tapi mohon jangan tuduh kami menelantarkan anak, suami dan rumah tangga hanya untuk uang semata. Semoga ini bisa menginspirasi semua seperti dibaca di buku Makelar Rezeki @jamilazzaini jadi makelar harta, makelar kata, makelar tahta dan makelar cinta. Insya Allah semua ibu cinta keluarganya pekerjaannya pun dikerjakan dengan cinta ….. Hanya Allah lah yang berhak memberikan penilaian sebaik apa amalan ibu terhadap keluarganya juga masyarakatnya.

Ini hanya sebuah renungan semoga membawa pelajaran bagi semua

 

Posted with WordPress for BlackBerry.

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s