tradisi leluhur

Eheemmm..postingan ini berisi tentang seluk-beluk saya sebagai ibu Hamil-melahirkan menjalankan tradisi yg kata orang angkatan lama sih terbukti manfaatnya..
*gatau juga ya apakah bermanfaat secara ilmiah..

Selama Hamil, rajin minum air kelapa sejak usia kandungan 7 bulan..katanya c bikin bersih bayi, terus pas proses delivering my baby boy , spogku bilang : ‘bayinya bersih bu..’
*jujur eike gatau, yang dimaksud bersih kek gimana

Terus, selama Hamil tua rajin banget jalan kaki hampir tiap Hari, plus ngepel jongkok-nungging, nyuci baju manual dsb.. Yahh, terhitung cepat juga proses lahiran alzam boy

Nah, pas habis melahirkan pake gurita n stagen..(pake jamu tapel perut dulu, pake gurita, terus didobelin lagi pake stagen)..
Ditambah ramuan jamu2 utk diminum Dan dioles/dibalur ke seluruh tubuh, perut, dahi..
Selain ibu aku yang Sgt super aware dgn dunia jamu tradisional utk ibu bersalin, aku pribadi juga merasakan bgt manfaatnya..

Pemakaian stagen/gurita/korset menurutku itu wajib..karena kalo engga, otot2 dasar panggul yg belum pulih ga mampu untuk menopang organ dalam tubuh ..
Korset membantu menopang organ dalam, selama otot2 berada dalam masa pemulihan..
Apa akibatnya jika otot tak mampu menyangga?
Dapat terjadi prolaps usus atau rahim..jatoh gitoh organ dalamnya, bergeser ke bawah..

Logika sederhananya gini aja deh, itu tummy qta melar banget pas ada bayi..nah after delivering kan butuh waktu untuk kembali ke ukuran semula..rahim aja masih gede, sementara normalnya sebesar sebutir telor..

kalo otot2 dasar panggul yg masih dalam masa pemulihan ga mampu yangga,,rahim bisa melorot jatoh, secara rahim ukurannya gede tapi ga ada isinya seperti balon yg ditiup besar Lalu dikempesin..
Balonnya letoy melar gitu kan..

Dan menurut dokter ahli tulang, pemakaian stagen pada ibu bersalin membantu mengatasi sakit tulang panggul..*tolong jelaskan Pak dokter , kenapa bisa begitu?

Menurut beliau, rata2 ibu sehabis bersalin mengalami sakit tulang panggul, namun pemakaian stagen mengurangi gejala tsb..

Nah, stagen ini juga ngurangin banget masalah sakit2 di rahim..kalo udah ngerasa ga enak, nyeri..linunya kambuh pake stagen ngebantu..

Terus ramu2an tradisional alias jamu,banyak pro kontra juga sih..tapi buat aku..hmmmm, ga tau deh ngebantu apa engga ya?
Aku sih minum jamu paket bersalin selama 40 Hari..katanya c mempercepat penyembuhan, memperbanyak ASI, melangsingkan tubuh..

Memang..ASI ku banyak bisa dibilang, kalo langsing..sejak alzam usia 3 bulan berat badanku udah di angka normal, sekarang ketika alzam usia 4bulan 1 minggu..berat badanku jadi minus, minus 2 kilo kalo sekarang mah..

Nah ga tau tuh itu efek jamu, atau emang bawaan bodynya aku..

Kalo jamu yang paling berasa efeknya (reaksinya instan saat itu juga)k: parem kocoknya NY.meneer..
Wah ini super rekomended!

Jamu ini berupa jamu yang dibalur di seluruh tubuh..serius, pegal -linu-nyeri otot (secara Badan hancur banget rasanya habis lahiran tuh) langsung lenyap..soalnya parem itu anget-panas gitu di Badan ..buat nyeri-mules rahim juga helpful banget..

Oiya, ibu nyuruh aku pake beras kencur dibalur ditubuh n wajah..
Selama 40 Hari kata ibu c..yaaahh..eyke nurut2 aja..
Soalnya ibuku kan emang masih seger, cantik, awEt muda gitu..kata ibu, rahasianya adalah: pake beras kencur dibalur..
Beras banyak vitamin B nya Bagus untuk kulit, malah banyak produk kecantikan pake bahan utama beras (beras jepang utk handbody, beras Thailand utk sabun wajah)
Kencur banyak efek mujarrabnya: menghilangkan nyeri lebam di kulit karena sifatnya yg menghangatkan..

Jadi sehabis mandi, aku dibalur parem+beras kencur, jamu2an (tapel perut n pilis ), dibebat stagen+gurita..

Nah..siapakah penyedia jasa yang menyiapkan ramuan jamu Dan mengoleskannya dengan telaten, Dan mengenakan stagen n gurita dengan rapih?
Apakah ibuku?
BIG NO,,hohoho..

Karena saya sudah pisah rumah dgn ortu..jadi ibu ga tinggal bareng ,belum pernah nginep jugak loh..

Maka, terimakasih sebanyak2nya patut saya persembahkan untuk suami sayah tercintah yang telaten banget menjalankan amanah ibunda untuk memerhatikan aneka jamu2 untuk sayah ..

Untuk para ibu2 masa kini, pilihan untuk mengikuti tradisi ada di tangan anda..

Memang makin kesini , semua serba praktis ..jadi yg berbau2 tradisi terkesan repot..tapi kalo menurutku, tradisi itu kan sudah teruji turun-temurun jadi udh teruji *khusus utk tradisi yg ga bertentangan dgn akal nalar loh ya

Jamu2an itu malah lagi ngetren loh, herbal istilah kerennya mah..kembali ke alami emang jauh lebih baik..

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s