milestone tengkurepnya alzam

Hari ini Alzam 4 bulan 1 Hari…
*teng teng teng teng…
Milestone yang udah dicapai..
Tengkurep…horeee
*keprok2..
Sejak 2 minggu Lalu, (saat alzam 3.5 bulan) sejak alzam mencret ..alzam makin giat berlatih berusaha utk tengkurep..

Yak, bener kata orang zaman dahulu ya, kalo bayi sakit berarti tandanya akan bisa melakukan sesuatu..

Terus alzam itu borongan ternyata yah dlm Hal milestone pertengkurepan ini..

Jadi, ceritanya..sejak usia 3 minggu alzam udah hobi miring2in Badan ..

Lalu menginjak 2 bulan bobotnya kian berat..Dan makin maleslah Alzam buat miring apalagi tengkurep -_-

Jadi udah pasrah aja, yaaa..klo usia 3 bulan belum bisa tengkurep gpp deh..lha Wong miring aja agak susah..

Gataaunya,pas kejadian mencret2 yang cukup membuatku panik n nangiss.. *berhubung ada darahnya..huhuhu..
malah alzam jadi bisa miring sekaligus tengkurep sekaligus balikin Badan dari tengkurep..

Nah, yang kagetnya itu balikin badannya itu..wow , ngagetin..
Tapi balikin badannya bisa diitung dengan jari n ga begitu sering kok..

Btw kenapa sih aku heboh amat ttg milestone inih?

karena menurutku penting banget qta memerhatikan pencapaian milestone bayi..
Yah itu terkait dengan tumbuh kembang anak, untuk masa depannya..

Walo, memang tiap anak punya masing2 milestone ..tapi ga bisa dipungkiri juga bahwa qta sbg ortu h2c juga kalo anak2 cenderung lambat melewati milestonenya..

Yah, aye sih lebih tenang kalo my boy seperti bayi pada umumnya dlm pencapaian milestone ..

Milestone ini penting banget qta perhatiin loh, jgn mentang2 bhw tiap anak punya masing2 milestone , terus qta santai aja..

Karena..pencapaian milestone ini tergantung oleh 2 Hal: kesiapan bayi n stimulasi..

Kalo qta kurang memberikan stimulan yaaa..bayi jg cenderung pasif..

Waktu menyadari, alzam agak males bwt tengkurep, waktu itu sih aku langsung mengubah pose menyusuiku dgn Cara tiduran, jadi alzam boy kumiringin badannya bwt nenen..
*jadi sebelom2nya aku nenenin zam sambil duduk berhubung kalo sambil tiduran asinya netes ke kasur -_- terutama kalo asi lagi banjir n deras haduhh banjir asi deh di kasur, mana alzamnya belepotan..

Tapi dulu pas zam newborn mpe usia menjelang 2 bulan pose menyusui favoritku tiduran juga loh..nah kalo ini karena aye ga bisa duduk karena luka jahitan episiotomi yang wow!

Back 2 topic..
Kenapa sih, apa hubungannya pose menyusui dgn tengkurepnya my boy?

Nah temenku cerita bayi sejak 2 bulan udah bisa tengkurep, Cara stimulasinya adalah neneninnya sambil tiduran, n si baby kalo mau mimik pas bobo malem udah otomatis miringin Badan nyari kendi emaknya..
dan lama2 miringnya keblabasan jadi tengkurep,,
Satu kali mendayung dua pulau terlampaui: miring-tengkurep

Eh ternyata beneran deh kejadian juga bwt aye..
Semenjak pose menyusui jd pose tiduran, alzam boy jd terbiasa utk miring2in Badan, n suka keblabasan miring jadi tengkurep..horee!!

Kadang pas mau nenen..alzamnya miring2 yg ujung2nya jadi tengkurep..Dan alzam marah2 tereak (‾⌣‾”٥) ..mau nenen kok jadi tengkurep wkwkwkwk..

Selain pose nyusu, alzam juga kupancing (ikan kalee) dengan mainan gantungnya yg kuletakkan di samping atau di atasnya..

Lama2 dia bereaksi meliuk2an Badan sambil pengen ngejangkau mainan Lalu HAP jadi tengkurep!
Heheheh lucuu aja ngeliatnya..

Terus kalo balikin Badan dari tengkurep ke terlentang..( usia 3.5bulan alzam tengkurep sekaligus balikin Badan..)

Ini ga sengaja, awalnya aku beri stimulus mainan gantung2 di atas kepalanya, pas dia lg pose tengkurep..

Awalnya sih alzam ngangkat tangannya sebelah pengen ngambil mainan, jd sambil tengkurep alzam angkat tangannya sebelah,,ganti2an..tangan kanan-kiri..kayak joged sambil tengkurep, mmmm..lebih tepatnya kayak mau loncat2..heboh dianya..

Eh lama2 aku jailin alzam,, mainannya aku pindahin ke atas kepalanya..dia dongak kan..terus aku pindahin ke sisi kanannya..dia dongak ke kanan sambil tangan kirinya ke angkat, terus semua badannya ke angkat miring..HAP! Terlentanglah doi..

Inilah kejadian pertama dari tengkurep-terlentang ..setelah itu tanpa disadari alzam melakukannya lagi..

Gitu deh, jadi kesimpulan ala aku..
Yah, emang sih bgmnpun, walaupun tiap anak punya milestone masing2 , qta sbg ortu atau pengasuh punya tugas memberi bimbingan stimulus..

Milestone ini juga terkait dgn fisik si bayi (kalo bayi gede emang cenderung pelan dibanding bayi yg slim)..Dan terkait juga dgn gender (katanya sih)..

Yah..mari, qta sbg ortu semangat utk membimbing anak2 qta..salah satunya membimbingnya utk mencapai milestonenya dgn sukses🙂

Karena, bisa jadi mungkin krn Pola asuh yg gak tepat jadi lambat pencapaian milestonenya..
Contoh: kebiasaan menggendong terus2an, kurangnya waktu tummy time..dsb..

Oiya, for info nih..
Anak temenku skrg udah gede udah SMP, dulu waktu bayi..anak temenku ini kurang terlatih merangkaknya..baru merangkak bentar terus langsung berdiri n jalan..
Akibatnya, kata temenku nih ya..
Aktivitas motoriknya kurang terlatih, gampang capek, lesu..dibandingin dgn anak2 yg melalui fase merangkak

Jadi, kesimpulan ala aku lagi nih, tiap fase milestone adalah fase latihan bagi saraf motorik n otot2, melatih kekuatan otot n koordinasi tubuh bagi bayi yang mana merupakan pondasi bagi kekuatan fisiknya di masa depan *aduh2 sok analisis *maapkeun kalo salah yak..

Oke..mari qta bimbing anak2 qta mencapai prestasi tumbuh kembangnya oyeee🙂

alzam lagi suka tengkurep

alzam lagi suka tengkurep

silakan komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s