resep MPASI 8 bulan

Hampir tiap Hari menu MPASI Alzam selalu berganti, biasanya kalo kerja, saya menyiapkannya tengah malam, sehingga keesokan harinya oleh yang mengasuh Alzam tinggal dipanasin ulang..

Kalo Hari wiken kayak gini, saya bikin pagi Hari untuk porsi 3 kali makan..

Pengen nulis aahh, resep MPASI ala aku seminggu terakhir ini utk bayi 8 bulan..

8 bulan udah aman untuk pengenalan sumber lemak nabati: Santan, minyak-minyakan..Dan juga protein hewani..

Sebenarnya resep buat alzam berdasarkan bahan makanan yang ada di kulkas aja sih..

Terus untuk bubur polosnya:
Aku mulai mendayagunakan slow cooker..masaknya pas tengah malam,sengaja slow cooker ini untuk bubur polosnya,kalo sayur+protein aku masak terpisah, untuk bubur polos aku variasiin buburnya, ga cuma beras putih/beras merah , kadang dicampur potongan kabocha, havermut atau kaldu-kalduan..soalnya alzam kalo makan bubur beras putih poloss doi kurang semangat..

Ini dia resep seminggu terakhir..

1)Tumis daging saos tomat kaylan

Extra Light Olive Oil (ELOO) dituang ke wajan secukupnya, masukkan cincangan bawang putih, tumis sampai wangi,Lalu masukin tomat cincang kupas kulit tanpa biji, tumis tomat Dan bawang putih sampai tercipta saus tomat :)

Setelah saus tomat maknyusnya jadi, masukin daging cincang (dikit ajaa..paling 25 gram)
tumis daging sampai berubah warna..
*sungguh wangi daging tumis saos tomatnya mengingatkanku pada saos spaghetti (tinggal kasih potongan Bombay jadi deh saos spaghetti )

Terus cemplungin cincangan kaylan+kecambah…

Tambahkan air (secukupnya untuk mematangkan sayur Dan daging), tutup wajan tunggu hingga air mendidih Dan semua matang sempurna..

Kalo udah matang, tinggal diblender/disaring..

2)tumis Kuning telur kampung+brokoli+edamame+tempe

Sama sih Cara masaknya kayak yang di atas,, pokoknya prinsipnya ELOO atau butter buat numis bumbu (bawang2an) sampai wangi, baru masukin protein hewani (telur Kuning,fillet ikan, daging cincang, ayam cincang), baru setelah itu masukin sayuran Dan ditambah air untuk membuat masakan matang sempurna..

3)tumis tempe+tomat+kangkung
4)kukus wortel+kaylan+edamame+daging cincang

Udah yang lain lupa hehehe..ga jauh-jauh lah seputaran ada tomat, tempe, daging cincang ahahahha.. Soalnya itu yang kubeli buat stok seminggu ini

Oiya, yang kufoto ini, barusan..resep nomer 4:
kukus wortel+kaylan+edamame+daging cincang pake Bubur putih+havermut+beras merah

Asyik ya bikin makan bayi, senengg nyampur-nyampurin komposisinya ahahahaha..
Maksudnya sih biar variasi gizinya banyak..

Aku lagi pengen bikin susu kedelai sendiri nih, udah beli sih kacang kedelainya..tapi, takut gagal juga siy…

Oiya, alzam siy, suka makan..asal yang makanannya yang kubuat,..

Tapi dia gini nih polanya:
Kalo sarapan dikit, maksi n makso banyak

Kalo sarapan banyak, maksi banyak, makso dikit

Jadi, alzam ukuran perutnya sepertinya memang baru cukup menampung 2x makan..

Oiya, kalo sabtu-ahad gini aku malah kerepotan karena ga siapin makanan alzam sejak semalam..pengennya santai, tapi malah repot..karena klo siang anak kan nempel, susah buat nyiapinnya..

Lagi membayangkan, gimana repotnya full time mother di rumah, kalo ga mensiasati masak-cuci-beres2 tengah malam pas anak udah bobo, iya ga sih?

Jadi, kayaknya, walo sabtu-ahad libur kerja, tetep..siapin semua-muanya dari tengah malem, biar seharian bareng anak bisa puas ga rempong ina inu ini itu Ita..apalagi wiken biasanya jadi Hari sibuk keliling: pengajian, belanja apa kek, acara apa kek,..

Happy mpasi day baby:)

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s